6 Manfaat Minum Air Hangat, Bisa Menurunkan Berat Badan

Salisma.com – Ada berbagai cara alami dan simpel untuk membuat tubuh kita sehat. Misalnya dengan sering minum air hangat. Menurut pengobatan Tiongkok dan India kuno, memulai hari dengan segelas air hangat bisa membantu memulai sistem pencernaan.

Selain itu juga memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti meredakan hidung tersumbat dan memberikan efek rileks. Air hangat juga disebut sebagai pengatur tubuh alami, membantu meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan saluran hidung, dan bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Masih banyak manfaat lain yang akan dirasakan kalau kita rajin meminum air hangat. Dilansir dari Boldsky dan Antara, berikut enam manfaat kalau kita suka minum air hangat.

1.Menenangkan sistem saraf

Minum air hangat dapat membantu menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuh Anda. Dengan sistem saraf berfungsi dengan baik tanpa masalah, tubuh Anda akan terhindar dari penyakit.

2 .Membantu menurunkan berat badan

Minum air hangat dapat membantu memecah timbunan lemak dari tubuh dan membantu penurunan berat badan. Saat minum air hangat, tubuh menurunkan suhu internal dan meningkatkan metabolisme Anda.

Minum segelas air panas atau hangat dengan lemon atau madu sehabis makan. Lemon memiliki serat pektin yang mengendalikan keinginan untuk makan dan sangat ideal untuk mereka yang melakukan diet.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Air hangat membantu memecah timbunan lemak dan endapan yang menumpuk di sistem saraf. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam sistem Anda, karena air hangat membantu organ peredaran darah untuk mengembang dan membawa darah secara lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

4 .Menghilangkan Racun

Minum air hangat membantu mengeluarkan semua racun berbahaya dari tubuh sehingga membersihkan sistem Anda. Kalau Anda minum air hangat secara teratur, sistem endokrin akan aktif sehingga menyebabkan berkeringat. Hal ini membantu membuang racun dan menghilangkannya dari tubuh.

5. Mengendalikan stres

Kalau belakangan ini Anda merasa stres, minumlah air hangat untuk meredakannya. Kortisol adalah hormon penyebab stres dalam tubuh. Efek air hangat akan membuat otak rileks dan menenangkan Anda, sehingga mengurangi tingkat stress

6. Mengurangi nyeri haid

Salah satu manfaat utama dari minum air hangat adalah dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Panas dari air menghasilkan efek menenangkan pada otot-otot perut sehingga mengurangi kejang dan kram.

Minum air hangat juga meningkatkan aliran darah ke jaringan yang memungkinkan otot untuk rileks. Kalau Anda menderita sakit perut, sakit kepala atau kurang enak badan, minumlah segelas air panas untuk meringankannya secara instan.(sc/liputan6.com)

Share