Rombongan Gajah Liar Masuk Permukiman Warga di Tapung Kampar

KAMPAR – Rombongan gajah liar yang berjumlah 11 ekor kembali masuk ke pemukiman warga di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau.

Untuk mengantisipasi terjadinya konflik dengan manusia, Balai Besar Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan penggiringan agar kawanan gajah liar tersebut menjauhi pemukiman.

Penggiringan dilakukan dengan cara menjaga beberapa titik tempat lintasan gajah tersebut, agar kawanan gajah liar tidak masuk kembali ke daerah pemukiman.

Menurut Suharyono, Kepala BBKSDA Riau, pengiringan kawanan gajah liar tersebut dibantu dengan menggunakan gajah jinak atau terlatih.

“Pengiringan menggunakan dua ekor gajah jinak yang didatangkan dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas,” jelasnya, Sabtu 6 Juli 2019.

Meskipun menurunkan 2 gajah latih, Suharyono mengakui pengiringan kawanan gajah liar ini tidak semudah seperti yang dibayangkan.

“Terkadang kita mendapat kendala. Kita menggiring tapi di sisi lain masyarakat ada yang menghalau tidak mau dilewati kebunnya. Padahal kita sudah mengimbau. Jadi Ggajah berputar putar saja tidak tau harus lewat mana,” pungkasnya. **/bpc

Share