Hari Ini Tercatat 11 Kabupaten di Riau Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan

PEKANBARU – Hari Ini, Minggu (14/7/2019), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru mencatat 11 kabupaten dilanda kebakaran hutan dan lahan di Riau, dengan 38 titik panas.

“20 dari 38 titik panas di Riau merupakan titik api. Itu merupakan indikasi kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen,” kata Analis BMKG Sanya Gautami.

Menurut Gautami, jumlah ini naik dibanding Sabtu (13/7/2019) kemaren yang hanya 35 titik panas di Riau.

Titik panas terbanyak hari ini terpantau menyebar di Kabupaten Kabupaten Siak dengan sembilan titik panas, Pelalawan tujuh titik, serta Bengkalis, Rokan Hilir masing-masing enam titik panas.

Akibat kebakaran hutan dan lahan ini, menyebabkan kabut asap di sejumlah wilayah kembali muncul. Pantauan Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim II pada Minggu pagi, asap telah menyebabkan jarak pandang di Pekanbaru dan Kota Dumai memendek menjadi 5 kilometer.

Titik panas juga terpantau di kabupaten Kampar, dua di Rokan Hulu, serta masing-masing satu di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kota Pekanbaru.

Sementara itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya telah menurunkan 1.500 personel gabungan TNI, Polri, Manggala Agni, hingga tokoh agama dan masyarakat yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanggulangan Karhutla ke desa-desa rawan kebakaran hutan dan lahan.***/zie

Share