oleh

Ditemukannya Hiu Sofa di Skotlandia

-Dunia-48 views

SALISMA.COM – Makhluk-makhluk yang hidup di kedalaman laut sering kali ditemukan dengan wujud yang tak biasa. Contohnya hiu sofa yang baru-baru ini ditemukan di Skotlandia.

Spesies ini tidak mengerikan seperti hiu pada umumnya, namun sebaliknya, menggelikan sampai namanya pun kurang lebih merupakan ejekan. Hiu langka yang juga dikenal dengan ‘false catshark’ ini, ditemukan oleh tim riset dari program Scottish Shark Tagging dekat pulau Barra dan St Kilda yang terpencil.

Bentuk tubuh hewan yang menggelambir dianggap mirip dengan kulit sofa, dan tak mengherankan spesies ini disebut ‘hiu sofa’. Nama serupa juga sudah disandang oleh blobfish sebagai hewan terjelek di dunia.

Menarik jika dipikir bagaimana penampilan hewan yang terkenal melalui film Jaws itu bisa dijadikan bahan guyonan– mengingat hiu adalah hewan predator dengan gigi yang membuat orang merinding ketakutan.

Hiu sofa yang baru ditemukan menjadi yang kedua dari spesiesnya dalam dekade terakhir ini.

“Saya kaget ketika hiu ini diangkat ke kapal kami,” ungkap biologis kelautan Francis Neat.

“Kami langsung mengukur dan menimbang beratnya sebelum dilepas kembali ke air. Kami belum pernah melihat hewan seperti ini dalam 10 tahun terakhir. Tak aneh bagi penduduk Skotlandia, namun makhluk ini menarik untuk dilihat– berbentuk besar dan tampak kendur. Mirip perabot sofa empuk yang terabaikan.”

Hiu yang ditemukan berjenis kelamin betina memiliki berat hampir 60 kg. Namun ini bukan apa-apa. Spesies ini bisa tumbuh hingga tiga meter, dan mencapai bobot 125 kg.

(liputan6)