Diskes Pekanbaru Keluarkan Surat Pedoman Meliburkan Aktifitas karena Asap

PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengeluarkan surat tindakan pengamanan dampak bahaya asap, terutama yang berkaitan dengan aktifitas masyarakat.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Maisel Fidayesi, surat ini nantinya bisa dijadikan pedoman untuk meliburkan aktifitas berdasarkan nilai Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).

Surat tersebut terkait rekomendasi standar ISPU untuk bahaya terhadap kesehatan, dan untuk pedoman meliburkan aktifitas.

Dalam surat yang dikeluarkan tanggal 7 Agustus 2019 tersebut, terdapat 3 poin penting yang direkomendasikan Diskes Kota Pekanbaru berdasarkan nilai ISPU.

Pertama, mengurangi aktifitas di luar ruangan. Hal ini direkomendasikan apabila ISPU telah  menunjukkan angka berkisar antara 101-199 (warna kuning berarti tidak sehat).

Kedua, meliburkan kelompok khusus. Hal ini direkomendasikan apabila ISPU telah menunjukkan angka berkisar antara 200-299 (warna merah berarti sangat tidak sehat). Poin kedua ini dikhususkan untuk anak usia sekolah, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Ketiga, untuk dapat meliburkan total seluruh aktifitas publik. Hal ini direkomendasikan apabila nilai ISPU telah  menunjukkan angka diatas 300 (warna hitam berarti berbahaya).

Bencana kabut asap telah menyelimuti Kota Pekanbaru telah lebih satu pekan terakhir. ***

 

Share