Satu Heli Diterbangkan dari Aceh untuk Bantu PadamkanKarhutla Riau

PEKANBARU – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerbangkan satu unit helikopter dari Bandara Cut Nyak Dhien, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh menuju ke Provinsi Riau guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu.

Helikopter jenis Kamov dengan nomor registrasi RA-31009 tersebut diterbangkan setelah upaya pemadaman karhutla di Kabupaten Aceh Barat berhasil dipadamkan sejak Selasa (13/8).

“Helikopter bombing water (bom air) ini sudah diterbangkan ke Provinsi Riau karena karhutla di sana sudah sangat parah, dan harus segera dilakukan pemadaman dari udara,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek, dilansir dari Antara.

Menurutn Dadek, karhutla yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat dan sekitarnya sejak awal Juli 2019 hingga menjelang pertengahan Agustus kini sudah 100 persen padam akibat guyuran hujan, dan upaya pemadaman yang dilakukan melalui udara dan jalur darat.

“Karena misi pemadaman api di Aceh sudah berhasil dilakukan, untuk sementara waktu helikopter tersebut dikerahkan ke daerah yang lebih membutuhkan upaya pemadaman dari udara,” ujarnya.

Menurutnya, jarak penerbangan menggunakan helikopter tersebut dari Riau ke Aceh hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam terbang, dan termasuk sangat dekat.***

Share