Pagi Ini Udara Pekanbaru Dipenuhi Kabut Asap Pekat

PEKANBARU – Pagi ini, Senin (9/9/2019), kabut asap pekat kembali menyelimuti wilayah Kota Pekanbaru dan sekitarnya. Nafas terasa sesak. Meski tidak ada himbauan resmi untuk libur sekolah, banyak orang tua memilih meliburkan anaknya.

“Saya liburkan aja anak sendiri, kita aja sesak nafas, sampai batuk-batuk, apalagi anak-anak,” kata Maria, warga Jalan Purwodadi Panam, yang anaknya masih duduk di bangku TK dan kelas III Sekolah Dasar.

Kabut asap pekat ini menurutnya sangat terlihat jelas di beberapa titik Kota Pekanbaru. Terutama di daerah Panam dan Kubang yang berbatasan langsung dengan daerah tetangga.

“Paling pekat pagi ini, sampai ke hidung,” ujar Maria.

Data dari BMKG Stasiun Pekanbaru menunjukkan ada 1.278 hotspot muncul di Sumatera hari ini dan 289 titik diantaranya ada di Provinsi Riau.

Sementara itu Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di GOR Tribuana Pekanbaru pagi ini menyatakan, pihaknya sudah memberikan instruksi kepada Dinas Pendidikan (Disdik) yang berada di wilayah terdampak kabut asap pekat seperti Kota Pekanbaru, untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Gubri menegaskan, memang tidak semua sekolah yang ada di daerah diliburkan, tergantung kondisi kualitas udara daerah bersangkutan.

Gubri juga telah meminta Disdik dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk memantau Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang ada di wilayahnya masing-masing.**

Share