Mendaftar CPNS 2019, Ini yang Perlu Dipersiapkan

SALISMA.COM-Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan baru saja mengumumkam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November mendatang.

“Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian / Lembaga / Pemerintah Daerah,” kata Ridwan dikutip dari siaran pers setkab.go.id.

Ridwan pu mengingatkan, untuk pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS harus menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga dengan data yang sesuai.

“Silakan calon pelamar memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran,” kata Ridwan.

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id;

2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga;

3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

4. Lengkapi biodata; Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan;

5. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen;

6. Cek resume, cetak kartu pendaftaran.

BKN juga mememinta bagi peserta yang berminat untuk mendaftar penerimaan CPNS 2019 untuk mempersiapkan dokumen sebagai berikut:

1. Scan KTP

2. Kartu Kartu Keluarga

3. Foto Diri

4. ijazah

5. Transkrip Nilai

Kepala Biro Humas BKN menegaskan, pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN.

Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses.

editor Roy

Share