Asyik Nonton Youtube, Biaya Internet Rp1,2 Miliar Masih Kurang

 

SALISMA.COM-Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau punya kesibukan lain selain melayani masyarakat. Hasil penelusuran wartawan di sejumlah ruangan di Kantor Gubernur Riau, Selasa (5/11/2019) menunjukkan masih ada pegawai yang berselancar di media sosial saat jam kerja. Sejumlah pegawai berseragam ASN yang tampak asyik menonton video di situs Youtube melalui komputer kerja yang ada di mejanya masing-masing. Ada yang menikmati lagu di kanal Youtube.

Bahkan ada pula yang menonton film dan penggalan video yang menampilkan acara ajang pencarian bakat di sebuah televisi swasta. Para pegawai ini tampak begitu leluasa memainkan tetikus komputernya untuk berselancar di dunia maya. Meski banyak orang yang lalu lalang di sekitar meja itu, mereka terlihat tak peduli atau segan menggunakan fasilitas internet yang dibiayai oleh APBD.

Fenomena di kalangan pegawai ini tidak dibantah oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Yogi Getri. Kondisi inilah yang disinyalir menjadi penyebab besar kebutuhan biaya internet di lingkungan Pemprov Riau. Yogi mengungkapkan, Pemprov Riau menganggarkan pengelolaan bandwidth internet dan teknologi VPN sebesar Rp1,2 miliar. Anggaran ini dibagi ke limapuluh Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Pemprov Riau. Yogi mengakui bandwidth internet yang ada belum bisa mencukupi kebutuhan internet Pemprov Riau.

Editor Roy

Share