Pemprov Riau Gelar Salat Istisqa

Pemprov Riau menggelar salat istisqa (salat mint hujan), pagi ini, Rabu, 11 September 2019. Salat dilakukan secara berjemaah di halaman kantor Gubernur Riau. Salat istisqa akan dihadiri oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pegawai dan ASN di lingkup Pemprov Riau.

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan, salat istisqa dilakukan sebagai bentuk salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi kabut asap akibat karhutla di Provinsi Riau. “Selain melakukan upaya secara fisik, kami juga mengajak masyarakat untuk meminta ampun dan memohon kepada Allah agar diturunkan hujan,” katanya.

Edy menegaskan, penyelenggaran salat istisqa di halaman kantor Gubernur Riau ini berdasarkan perintah Gubernur Riau, Syamsuar. Pemprov Riau, sebut dia juga sudah melakukan komunikasi dengan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Riau sebelumnya.

Pelaksanaan salat istisqa dilakukan sekitar pukul 07.30 WIB. Selain pegawai, Pemrov Riau juga mengajak masyarakat juga terlibat untuk menunaikan ibadah tersebut.

“Mari bersama-sama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya diturunkan hujan,” ajaknya.

Sekretaris Umum MUI Riau, H Zulhusni Domo pun turut menyampaikan imbauannya kepada masyarakat luas yang ada di daerah untuk ikut melaksanakan salat istisqa di wilayahnya masing-masing.

“Mengingat asap yang semakin membahayakan, mari bersama-sama mengajak umat untuk melaksanakan salat istisqa di daerah dan tempat masing-masing dengan tata cara yang di sunnahkan Nabi Muhammad SAW. Dan untuk yang ingin salat istisqa di halaman Kantor Gubernur Riau, pelaksanaannya pada hari Rabu, besok pagi,” katanya. (adv)

Share