Awas, Ombak Laut Natuna Bisa Capai 3,5 Meter

SALISMA.COM-Ini peringatan bagi yang akan melaut terutama di perairan Natuna Kepulauan Riau. Prakirawan Stasiun Meteorologi Ranai, Mahendra, mengatakan, angin cenderung bertiup dari arah Utara dan disertai hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Prospek tiga hari ke depan akan terjadi perubahan angin dari barat hingga timur laut dengan kecepatan angin mencapai 20 knot. Dan gelombang laut perairan Natuna Utara dapat mencapai 3,5 meter.

”Meski sekarang sudah dominan bertiup dari utara,” kata Mahendra, Jumat (22/11/2019). Cuaca wilayah Natuna secara umum terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan-sedang hingga lebat. Angin dapat bertiup dari arah utara menuju timur laut dengan kecepatan 20 kilometer per jam hingga 35 kilometer per jam. Dengan suhu udara saat ini berkisar antara 22 dan 26 derajat celcius. Mahendra mengingatkan, karena adanya peringatan kewaspadaan terhadap awan awan gelap dan tebal.

Kondisi ini dapat menimbulkan hujan lebat, disertai petir dan angin kencang yang menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba. ”Waspada pada kemungkinan hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang,” jelasnya. “Jangan berlindung di bawah pohon jika terjadi hujan disertai kilat dan petir. Waspada kenaikan tinggi gelombang terutama perahu nelayan dan kapal kapal ukuran kecil dalam melakukan aktivitas pela­ya­ran,” imbaunya lagi.

Editor Roy

Share