Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Feri Internasional Batam Center

BATAM-Arus penumpang di Pelabuhan Feri Internasional Batam Center cukup padat, Senin (30/12/2019). Kenaikan penumpang itu diprediksi terus berlanjut hingga Selasa (31/12/2019) ini dan jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan ribu orang. ”Sepertinya bakal padat. Tahun lalu penumpang sampai 20 ribu orang,” ujar Manajer Operasional PT Synergy Tharada, Nika Astaga, selaku pengelola Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, Senin (31/12/2019).

Meski sudah ada prediksi kenaikan penumpang, sampai saat ini Nika belum menerima info ekstra trip kapal. Namun, ia memastikan, penumpang jauh meningkat. ”Perkiraan penumpang bisa lebih dari 20 ribu,” ujarnya. Dikatakan Nika, tahun lalu ada penambahan 17 ekstra trip tujuan Singapura dan Batam. Jumlah penumpang untuk satu kapal, sekitar 300 orang.

”Ini kapal ukuran besar, rata-rata kapal penuh setiap berangkat maupun datang,” imbuhnya. Menurut dia, antisipasi lonjakan penumpang tahun baru sudah dipersiapkan. Di antaranya, sistem antrean yang dibuat lebih baik dan mengutamakan penumpang prioritas. Baik di kekeberangkatan, maupun kedatangan.

”Jika tak dibuat sistem antrean, arus penumpang tak beraturan. Karena itu ada sistem antrean agar pe-numpang tertib,” terang Nika. Pihaknya juga menyiagakan 36 petugas keamanan, dibantu petugas Direktorat Penga-manan (Ditpam), serta polisi dan TNI yang bersiaga di pos pengamanan Natal dan Tahun Baru di luar pelabuhan.

”Petugas keamanan kami lemburkan semua, termasuk untuk peak season ini,” jelas Nika.

Editor Roy

Share