oleh

Riza Budi: Jangan Takut ke Mal, Protokol Kesehatan Ketat

-Ekonomi-30 views

SALISMA.COM – Pusat perbelanjaan dan Mal di Pekanbaru sudah mulai beranjak melakukan pemulihan perekonomian, namun sebelum itu mereka harus menerapkan protokol kesehatan.

Seperti yang dilakukan Mal Pekanbaru, semenjak Covid-19 melanda provinsi Riau hingga saat ini masih menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di area Mal Pekanbaru.

“Kita sudah terapkan protokol kesehatan di Mal ini, diantaranya wajib melakukan cuci tangan di tempat-tempat yang sudah disediakan dekat pintu masuk dan masyarakat cukup mendekatkan tangan ke kran air maka dengan otomatis air keluar dengan sendirinya,” kata Riza Budi selaku Corporate Secretary PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (Mal Pekanbaru) saat dikonfirmasi melalui via Telephone, Jumat (13/11/2020) sore lalu.

“Sama seperti di pintu masuk parkir juga tidak perlu menekan tombol dan pengunjung hanya perlu mendekatkan tangan dan karcis akan keluar secara otomatis,” tambahnya.

Dikatakan Riza, masyarakat yang memasuki Mal juga wajib menggunakan masker, juga dilakukan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk Mal sehingga pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37,3° itu tidak diizinkan masuk ke dalam Mal Pekanbaru dan didalam Mal juga harus menjaga jarak atau social distancing.

“Selain itu penerapan protokol kesehatan Mal Pekanbaru juga melakukan penyemprotan gedung secara berkala yaitu penyemprotan dilakukan tiap tiga minggu sekali,” ujarnya.

Mal Pekanbaru yang dikunjungi berbagai kalangan, kata Riza, tidak menutup kemungkinan adanya kendala pada saat penerapan protokol kesehatan.

“Kendala pasti ada, kadang-kadang security bersitegang dengan pengunjung yang tidak mau mengikuti protokol kesehatan seperti tidak mau mencuci tangan,” ungkapnya.

Pengelola Mal Pekanbaru juga mengatakan setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selesai dilakukan, toko-toko yang berjualan di dalam Mal sudah menyerahkan proposal protokol kesehatan dan berkomitmen dalam mencegah penularan Covid-19.

“Jadi toko-toko sudah diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan dan wajib mengirimkan proposal protokol kesehatan baik didalam gedung maupun diluar gedung,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pada waktu masih ada Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 selalu melakukan survey untuk melihat toko apakah sudah menerap protokol kesehatan atau belum sehingga ada evaluasi-evaluasi dari pemerintah.

Pengelola Mal Pekanbaru mengajak masyarakat untuk tidak takut mengunjungi mal karena sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Kami dari pengelola menghimbau jangan takut ke Mal, Mal itu sudah melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat, pengunjung juga diharapkan dapat mematuhi protokol yang sudah diterapkan pengelola seperti pakai masker, untuk kebaikan kita bersama akar tidak tertular dan menularkan virus ke orang lain,” pungkasnya. (bpc)