oleh

Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka Daerah Riau pun Terus Bergerak, Kwarcab Pekanbaru The First, Indonesia Tunggu Kami…

 

SALISMA.COM – Pekanbaru. Sepucuk surat elektronik bernomor 0010 00-E, terkirim di mailing computer humas dan abdimas Gerakan Pramuka Kwarda Riau, tanggal 22 Januari beberapa waktu lalu. Surat tertanda Sekretaris Jendral Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nasional, Jenderal TNI Purnawirawan Dr Bachtiar.

Bencana alam di beberapa wilayah Indonesia, seperti bencana banjir dan longsor di wilayah Jawa Barat dan Kalimantan Selatan, serta gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat, menjadi latarbelakang surat Kwarnas tersebut.
Kak Bachtiar mewakili Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Nasional menggerakkan kepedulian dan keprihatinan keluarga besar Gerakan Pramuka Indonesia membangkitkan semangat dan ikut bergerak membantu korban di lokasi bencana, demi persaudaraan sebangsa dan setanah air Indonesia

kegiatan persiapan bumbung kemanusiaan di DKD Riau

Sesuai hasil Rapat Koordinasi Abdimas tanggal 16 Januari 2021, Kwarnas Gerakan Pramuka Nasional menghimbau jajaran kwartir menghimpun bantuan dan membuka bumbung kemanusiaan di jajaran kwartir masing-masing.

Lalu mengirimkan bumbung kemanusiaan tersebut kepada korban bencana melalui Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Bank BNI No. Rekening 09090 10100 atas nama Pramuka Peduli.. Kwarnas pun menghimbau bantuan ini sekaligus sebagai implementasi satya dan darma Pramuka.

kegiatan bumbung kemanusiaan di lapangan

Surat pun ditembuskan kepada Ka Kwamas Gerakan Pramuka sebagai laporan, Waka Kwarnas/I(Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat), Gubemur selaku Ka Mabida Gerakan Pramuka, dan Bupati/Walikota selaku Ka Mabicab Gerakan Pramuka

Bumbung Kemanusiaan Bencana Alam Kwarcab Kota Pekanbaru
Kwartir Cabang Kota Pekanbaru bersama Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kota Pekanbaru telah melaksanakan penggalangan dana berupa bumbung kemanusiaan mulai tanggal 21 Januari hingga 2 Februari 2021 lalu. Donasi yang terkumpul diserahkan Wakil Ketua bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup Ario Wibowo, mewakili Ketua Kwarcab kepada Ketua Kwarda Riau yang diwakili Wakil Ketua bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup Joko Pujiono pada Rabu, 03/02/2021 di aula Kantor Kwarda Riau.

“Kwarcab Kota Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan bumbung kemanusiaan dengan rangkaian kegiatan pertama apel siap siaga bencana, dengan melaksanakan penggalangan donasi di tempat-tempat keramaian pada tanggal 21 s.d 31 Januari 2021, dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan penggalangan donasi di wilayah masing-masing pada tanggal 21 Januari s.d 2 Februari 2021 dan Kwarcab telah melaksanakan kegiatan bumbung kemanusiaan secara serentak di 10 pasar yang ada di Kota Pekanbaru”, kata Kak Ari mengkalukulasi.

Ketua Kwarda Riau diwakili Wakil Ketua bidang abdimasgana dan lh Joko Pujiono menerima donasi bumbung kemanusiaan untuk korban bencana alam dari Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru diwakili Wakil Ketua bidang abdimasgana dan lh Ario Wibowo pada Rabu, 03/02/2021 di aula Kantor Kwarda Riau.

Dana yang telah terkumpul sampai tanggal 3 Februari 2021 sebesar Rp. 67.179.300.. Pada awalnya Kwarcab ingin menyerahkan seluruh donasi kepada Kwarda Riau untuk diteruskan ke Kwarnas atau ke daerah lokasi bencana, namun dari dana Rp. 67.179.300 tadi, dikalkulasikan donasi yang akan diserahkan ke Kwarda Riau untuk diteruskan ke Kwarda Sulawesi Barat sebesar Rp. 17. 197.300 plus satu buah bumbung yang belum dibuka dan belum tahu jumlahnya berapa.

Sementara donasi sebesar Rp. 50.000.000,- akan diantar langsung Kwarcab Kota Pekanbaru yang difasilitasi Pemko Pekanbaru ke daerah Kalimantan dan akan diserahkan langsung ke Kwarda Kalimantan Selatan. “Insya Allah jadwalnya secepatnya di akhir bulan Februari 2021”,pungkas Kak Ari. .

Wakil Ketua Kwarda Riau bidang abdimasgana dan lh Joko Pujiono bersama Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Toni Werdiansyah bersama-sama membuka bumbung kemanusiaan pada acara penyerahan donasi bumbung kemanusiaan oleh Kwarcab Kota Pekanbaru pada Rabu, 03/02/2021 bertempat di aula Kantor Kwarda Riau

Wakil Ketua bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup Joko Pujiono, atas nama Ketua Kwarda Riau mengapresiasi positif kegiatan bumbung kemanusiaan Kwarcab Kota Pekanbaru ini. “Kami dari Kwarda Riau tidak tinggal diam, tidak hanya mengirimkan surat ke Kwartir Cabang se-Daerah Riau untuk penggalangan dana, namun juga bergerak melalui Satgas Pramuka Peduli melaksanakan aksi penggalangan dana melalui bumbung kemanusiaan yang ditempatkan di 17 titik di cafe, rumah makan, restoran di Pekanbaru” kata Kak Joko.

“Kwarda Riau berharap donasi yang telah terkumpul di Kwarcab, pelaporannya satu pintu ke Kwarda Riau, teknis penyerahan donasi bisa diserahkan langsung Kwarcab ke daerah bencana bisa juga melalui Kwarda Riau, sehingga nanti kita satu pelaporan. Maka, aksi bumbung kemanusiaan se-Kwarda Riau dapat diketahui berapa jumlahnya, karena ini aksi kita bersama, itu harapan kita” tambah Joko.

Hadir saat penyerahan donasi, Sekretaris Kwarda Riau Indra Irianto, Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau Lukman Hakem, Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Toni Werdiansyah, Sekretaris Kwarcab Kota Pekanbaru Deny Rendra, Andalan Cabang Kota Pekanbaru Abdul Haris, Ruswan, Rizky Armando Siregar dan perwakilan Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru.***(bahan olahan Humas Kwarda Riau)