oleh

APINDO Riau di Tengah Pandemi: Saya Kira Perhatian Kita Cukup untuk UKM

-business-106 views

PEKANBARU, SALISMA.COM (SC) – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia [APINDO] Riau Wijatmoko Rah Trisno mengungkapkan pihaknya tidak pernah kurang memberikan perhatian, bagaimana Usaha Kecil Menengah [UKM] di Riau tetap bisa bertahan di tangan ‘bencana’ pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Wijatmoko Rah Trisno sebagai respon keinginan Pemprov Riau agar organisasi ini bisa membantu UMK, dalam membangkitkan perekonomian daerah, khususnya di Provinsi Riau, dalam Rakerkonprov Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) dan Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota (DPK) APINDO Riau secara terbatas, Rabu, 10 Februari 2021, di Pekanbaru.

“Saya kira, perhatian kita (APINDO) selama ini cukup untuk UKM,” kata Wijatmoko Rah Trisno.

Dia menegaskan, bentuk dukungan APINDO Riau terhadap UMK, dibuktikan dengan adanya satu bidang di APINDO Riau yang bertugas khusus melakukan pendampingan terhadap para UMK.

Hal ini disebutnya sebagai salah satu wujud kepedulian organisasi itu, agar keberadaan UMK di Riau tetap fight, di tengah krisis ekonomi akibat pandemi.

Menurutnya, sejauh ini, UKM terus didorong bisa survive, dan APINDO membuat program kerja yang bisa dieksekusi bersama kabupaten/kota untuk kemajuan UKM.

Sebelumnya, Asisten II Setdaprov Riau Evarefita berharap APINDO Riau melibatkan UMK untuk membangkitkan perekonomian daerah.

Menurutnya ada banyak UKM di Riau harus dirangkul, karena pemerintah mengharapkan ekonomi bangkit akibat pandemi Covid-19.

“Karena tahun 2020 ini merupakan tahun yang berat dan cobaan yang luar biasa apalagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah,” ungkapnya.

Untuk itu ia berharap melalui APINDO Riau, perusahaan yang besar bisa bermitra dengan UKM dan membantu UKM dalam mengakses pasar, memfasilitasi bahan baku dan memberikan stimulus ekonomi lebih baik. (mil/bpc)