oleh

Cara Memilih Ransel yang Tepat Untuk Traveling

-Travel-7 views

SALISMA.COM –  Apakah anda pecinta traveling ala backpakers? Jika iya, ransel menjadi komponen penting untuk memuat barang kebutuhanmu.

Tas ransel pada umumnya dapat dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu tas Backpack dan Ruckstak. Ciri khas backpack terlihat dari penggunaan resleting untuk menutupnya, sedangkan Ruckstack menggunakan sistem serut.

Berikut ini adalah cara untuk memilih ransel untuk Traveling seperti yang dilansir liputan6, Senin (19/10/2015).

  1. Pilih tas ransel bahan yang berkualitas dan jahitan rapi

Tas digunakan untuk menampung kebutuhan dan perlengkapan yang anda bawa ketika traveling sehingga anda disarankan untuk memilih tas dengan bahan yang berkualitas dan kuat agar tas Anda tidak mudah rusak karena robek. Selain itu Anda juga harus memerhatikan detail jahitan demi jahitan dari tas yang Anda pilih apakah rapi atau tidak. Kedua hal tersebut akan menentukan umur tas Anda.
Selain itu, usahakan bahan tas Anda sifatnya anti air untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang berubah saat anda traveling sehingga tidak perlu khawatir baju anda kena basah.

  1. Pilih tas yang memiiliki frame (rangka)

Bawaan yang tidak sedikit ketika traveling akan menambah beban punggung Anda ketika membawa ransel tersebut. Pilihlah tas yang memiliki frame dan rangka sehingga berat tas terdistribusi merata dari bahu, punggung, sampai ke pinggul. Dengan demikian, walaupun beban tas yang Anda bawa cukup berat, bahu dan punggung Anda terhindar dari potensi cedera.

  1. Pilih top load atau front load

Kedua jenis tas ini memiliki perbedaan pada bukaan tas untuk memasukkan barang-barang anda. Top Load memiliki bukaan pada bagian atas tas dan biasanya jenis ini digunakan untuk naik gunung, jelajah hutan, dan sejenisnya di mana anda mungkin akan sering meletakkan tas ini di permukaan yang kotor. Sedangkan Front Load, tas ini memiliki bukaan pada bagian depan layaknya sebuah koper di mana memudahkan anda untuk mengemas dan membongkar barang-barang anda karena bukaannya yang lebar. Pilih yang mana?

  1. Pilih ranseldengan pertimbangan muatan

Pilih ransel dan modelnya sesuai dengan kemungkinan barang bawaan sehingga Anda dapat memilih apakah akan menggunakan ransel besar atau kecil. Hal ini sangat dibutuhkan karena biasanya tas akan rusak, karena tidak adanya perencanaan muatan dan juga beban yang Anda bawa semakin berat.

  1. Sesuaikan dengan ukuran tubuh Anda

Bagi traveler pemula, kadang kita suka tidak memedulikan ukuran tubuh dalam memilih tas ransel yang sesuai dengan beban maksimal yang mampu kita topang. Ukurlah dari tulang punggung yang menonjol dekat tengkuk leher sampai ke bawah dekat tulang pinggul. Setelah itu, ukur juga lingkar dan kedua sisi pinggang untuk memastikan tas yang anda pilih menyebarkan titik berat beban ke seluruh bagian punggung Anda dengan merata.

  1. Pilih harga yang sesuai

Harga mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah dengan bijak dan bersabar ketika membeli tas ransel untuk traveling, karena komponen ini penting agar kegiatan traveling Anda berjalan lancar.

(liputan6)