oleh

Saluran Pencernaan Sehat, Nutrisi Terserap Maksimal

-health-139 views

JAKARTA, SALISMA.COM (SC) – Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas pada anak saat ini sangatlah penting. Hal ini bisa dimulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan buah hati.

Menurut Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals, apabila fungsi pencernaan tidak bekerja dengan baik, maka penyerapan nutrisi juga akan berkurang.

Dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Kamis (18/3/2021), apabila penyerapan nutrisi berkurang, hal ini membuat terganggunya daya tahan tubuh sehingga membuat penyakit jadi lebih mudah menyerang.

“Sebaliknya, ketika saluran pencernaan dalam keadaan sehat, si Kecil dapat menyerap nutrisi makro dan mikro lebih maksimal. Tentu hal ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh yang optimal,” kata Muliaman seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Kalbe Nutritionals pada Februari 2021 terhadap 2.397 ibu di Indonesia, 96 persen partisipan mengatakan bahwa mereka paham bahwa sistem pencernaan yang sehat akan meningkatkan kekebalan tubuh anak dalam melawan virus dan kuman.

Dalam riset tersebut, 93,8 persen juga mengatakan bahwa mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kebersihan merupakan hal yang terpenting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan anak.

Pentingnya Nutrisi Harian

Menurut survei terkait pencernaan tersebut, sebanyak 84,2 responden mengatakan bahwa pemenuhan kebutuhan nutrisi menjadi prioritas mereka. Namun 48 persen menyebut dirinya belum yakin apakah asupan tersebut telah memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Selain itu, 65,4 persen responden mengaku menemui hambatan dalam memenuhi gizi anak selama pandemi. Dua alasan utama yang menyebabkan hal ini adalah menurunnya kemampuan ekonomi (35,7 persen), serta langka dan kurangnya variasi pasokan (30,2 persen).

Muliaman mengatakan bahwa nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral), berperan penting untuk menjaga pencernaan anak.

Nutrisi-nutrisi tersebut diperlukan agar proses biologis yang terjadi dalam tubuh seperti ekskresi dan sekresi, pembentukan sel baru, serta peningkatan daya tahan tubuh, dapat berjalan dengan optimal.

“Para orangtua sangat dianjurkan memenuhi nutrisi harian yang baik dan seimbang karena sistem pencernaan membentuk 70 persen sel-sel imunitas tubuh dan mempengaruhi kualitas kesehatan anak secara menyeluruh,” kata Muliaman.

“Tak heran bila sistem pencernaan kerap disebut ‘otak kedua’ manusia. Di dalamnya, terdapat miliaran bakteri baik yang merangsang sistem kekebalan tubuh,” sambungnya.

Kebutuhan nutrisi sendiri dapat dicukupi dengan memberikan makanan yang sehat dan seimbang. Selain itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, orangtua juga bisa memberikan makanan atau minuman seperti susu, sayur-sayuran, dan buah, untuk memperkuat daya tahan tubuh. (mil)