oleh

Secangkir Kopi Kental Sebelum Olahraga Efektif Bakar Lemak

JAKARTA, SALISMA.COM (SC) – Banyak penelitian menyebut bahwa secangkir minuman berkafein sebelum olahraga bisa membantu menurunkan berat badan.

Ilmuwan dari Departemen Fisiologi Universitas Granada (UGR) telah menunjukkan bahwa kafein (sekitar 3 mg / kg, setara dengan kopi hitam kental) yang dikonsumsi setengah jam sebelum latihan aerobik secara signifikan meningkatkan laju pembakaran lemak.

Selain itu penelitian juga menyebut bahwa minum segelas kopi hitam kental 1,5 jam sebelum olahraga sore hari, akan memberikan efek yang lebih maksimal dibanding minum kopi dan olahraga di pagi hari.

Mengutip Science Daily, studi yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition, para peneliti bertujuan untuk menentukan apakah kafein – salah satu zat ergogenik yang paling sering dikonsumsi di dunia untuk meningkatkan kinerja olahraga – benar-benar meningkatkan oksidasi atau pembakaran lemak selama olahraga.

“Anjuran untuk berolahraga dengan perut kosong di pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak adalah hal yang lumrah. Namun, rekomendasi ini mungkin kurang dasar ilmiahnya, karena tidak diketahui apakah peningkatan ini karena olahraga di pagi hari atau karena belum sarapan,” ungkap penulis utama penelitian ini, Francisco José Amaro-Gahete dari Departemen Fisiologi UGR.

Penelitian dilakukan terhadap 15 orang pria dengan usia rata-rata 32 tahun. Mereka diharuskan untuk menyelesaikan tes latihan empat kali dengan interval tujuh hari.

Subjek mengonsumsi 3 mg / kg kafein atau plasebo pada pukul 8 pagi dan 5 sore. Kondisi sebelum setiap tes latihan diklaim distandarisasi dengan ketat, dan oksidasi lemak selama latihan dihitung dengan tepat.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kafein tinggi 30 menit sebelum melakukan tes latihan aerobik meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan terlepas dari waktu,” jelas Francisco J. Amaro yang dilansir dari CNN Indonesia.com.

Singkatnya, penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi asupan kafein akut dan latihan aerobik yang dilakukan pada intensitas sedang di sore hari memberikan skenario optimal bagi orang yang ingin meningkatkan pembakaran lemak selama latihan fisik. (mil)