oleh

Penyuka Kopi Harus Tahu, Ragam Komposisi Sajian Si Hitam

JAKARTA, SALISMA.COM (SC) – Kopi kini menjadi minuman favorit banyak orang seiring menjamurnya kedai kopi di berbagai kota. Apalagi saat ini kreasi minuman kopi semakin beragam dengan tambahan bermacam komposisi dan topping.

Dikutip dari Tempo.co, Coffee Master Nespresso Indonesia Febi Amelia mengatakan komposisi yang berbeda akan mempengaruhi jenis minuman kopi. “Setiap komposisi dan juga elemen tambahan lainnya akan membedakan nama sajian kopi,” kata dia, Kamis, 25 Maret 2021.

Berikut adalah 6 sajian minuman kopi dengan beragam komposisi:

Espresso

Sajian ini tercipta dari seduhan ekstra bubuk biji kopi dengan tekanan pada air panas dari mesin kopi. Dari tekanan tersebut menghasilkan karbondioksida ke permukaan kopi. Takarannya hanya menggunakan single kopi tanpa campuran apapun.

Affogato

Sajian ini memiliki tambahan es krim. Es krim yang manis, biasanya rasa vanila, ditambahkan di atas espresso.

– Americano

Espresso dituangkan ke dalam cangkir yang telah terisi air panas. Jumlah air sekitar dua pertiga dari tinggi gelas.

Cappucino

Bagi mereka yang tak terlalu suka kopi bercita rasa pahit, sajian ini bisa jadi pilihan. Sebab, kopi ini dicampur dengan susu, lebih tepatnya campuran single espresso, susu dan microfoam atau buih susu.

Latte Machiato

Sajian ini adalah espresso yang dicampur dengan susu. Tapi di sini, single espresso ditambah dengan perlahan susu yang sudah dipanaskan dan menghasilkan buih kemudian pada bagian atas diberikan foam. Takarannya ialah 2:1:1, espresso 2, susu 1, foam 1.

Mocha

Sajian kopi ini juga disajikan dengan susu. Tapi diberi tambahan cokelat bubuk. Single espresso diaduk dengan 1 sendok makan cokelat bubuk, kemudian tambahkan susu dan microfoam. (mil)