oleh

Dari Semarak Ramadhan III tahun 1442 H Kwarda Riau, “Berbagi, Berbakti dan Berprestasi di Bulan Penuh Berkah”.

SALISMA.COM – Kampar. Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega (DKD), melaksanakan kegiatan semarak Ramadhan III, yang dilaksanakan tanggal 28 April hingga 2 Mei 2021 lalu.

Kegiatan diadakan di Desa Kuapan, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Acara dibuka langsung oleh Ketua Kwarda Riau H.M.Azaly Djohan, S.H pada Jum’at (30 April 2021).

sambutan Kwarda Riau Kak Azaly Djohan

Ketua Sangga Kerja Rian Sugianto dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk penerapan isi salah satu tri satya Pramuka. Ikut serta membangun masyarakat, dan penerapan bina masyarakat yang bertajuk berbagi, berbakti dan berprestasi.

“Kegiatan terdiri dari pemberian santunan dan Al-qur’an kepada 40 (empat puluh) anak yatim dan buka bersama. Kemudian kegiatan berbakti terdiri dari gotong royong di lingkungan Mushalla, pembuatan taman bacaan, dan pembuatan mural. Terakhir, kegiatan berprestasi diisi dengan kegiatan lomba adzan, mengaji, hafalan surat pendek. Ada jugalomba pidato, dan rangking 1 yang diikuti anak-anak Dusun I dan II Desa Kuapan” kata Rian menjabarkan.

“Bagi kami, ini kunjungan pertama Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Riau dan Kwarcab Kampar. Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan ini, dan telah membuat acara di desa kami. Mudah-mudahan ke depan, kerjasama Kwarda Pramuka Riau dengan Desa Kuapan bisa lebih baik lagi” kata Datuk Afrijon, Kepala Dusun I Desa Kuapan mewakili masyarakat setempat

Sambutan Ketua Kwarcab Kampar H. Yuyun Hidayat, ST.,M.Sc

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Kampar Yuyun Hidayat, ST.,M.Sc menyampaikan tahniah atas dipilihnya Kwarcab Kampar sebagai tempat kegiatan Semarak Ramadhan III tahun 1442 H ini.

“Terimakasih kepada Kwarda Gerakan Pramuka Riau telah memilih Kwarcab Gerakan Pramuka Kampar sebagai tempat acara Semarak Ramadhan III. Mudah-mudahan ini bisa menjadi hasil yang luar biasa kepada kami. Saya berharap adik-adik Pemuda bisa belajar dari keharmonisan hubungan antara Pramuka dengan masyarakat ini, Karena, Pramuka bagian dari masyarakat, mari kita bersama-sama sukseskan kegiatan ini. Insya Allah mudah-mudahan ini Insya Allah berkelanjutan.” kata Yuyun.

Sambutan Wakil Ketua Kwarda Riau bidang pembinaan anggota muda Jon Haril, M.Pd

Ketua Kwarda Riau H.M.Azaly Djohan, S.H yang hadir menyampaikan rasa syukurnya, karena Kwarda Riau dapat menyelenggarakan Semarak Ramadhan yang Insya Allah rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

“Sesuai dengan tema kegiatan, “Berbagi, Berbakti dan Berprestasi, kegiatan kita harapkan selalu diisi dengan kegiatan positif, menarik dan kreatif, sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka”, kata Kak Azaly.

“Selaku Ketua Kwarda Riau saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada pemerintah Desa Kuapan, tokoh masyarakat, Pengurus Mesjid- Musholla, dan pemuda yang banyak membantu adik-adik kami dalam melaksanakan kegiatan Semarak Ramadhan. Kepada donatur yang telah membantu kegiatan ini, semoga amal baktinya dibalas dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT”, tambah Kak Azaly.

Foto bersama setelah penyerahan piagam penghargaan kepada donatur

Setelah acara pembukaan, acara pun dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Semarak Ramadhan. Dilanjutkan pemberian santunan dan Al-qur’an kepada 40 orang anak yatim.

Beberapa hari berselang, saat penutupan Semarak Ramadhan III, Ketua Kwarda diwakili Wakil Ketua bidang binamuda Jon Haril, M.Pd, menyampaikan tahniah Ketua Kwarda Riau atas suksesnya acara.

Foto bersama setelah penyerahan santunan dan Al-Qur’an pada anak yatim

“Mohon maaf atas salah dan khilaf Pengurus DKD Riau selaku pelaksana Semarak Ramadhan di Desa Kuapan”, kata Jon Haril. Apalagi, kegiatan ini sejatinya merupakan wadah pembinaan DKD Riau untuk terjun ke masyarakat dalam kegiatan Semarak Ramadhan

Di akhir acara penutupan, diberikan piagam penghargaan dan hadiah pada pemenang lomba Semarak Ramadhan. Hadir dalam acara Semarak Ramadhan, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang abdimasgana dan LH Joko Pujiono, beberapa Andalan Kwarda Riau, Pengurus Kwarcab Kampar, Pengurus DKD Riau, Pengurus DKC Kampar, Staf Kwarda Riau, dan segenap masyarakat Desa Kuapan.***(bahan olahan Humas Kwarda Riau)