oleh

7 Makanan Penambah Energi Cocok Dimakan saat Sahur

-Lifestyle-163 views

SALISMA.COM – Puasa bisa membuat tubuh tak berenergi. Konsumsi beberapa makanan penambah energi saat sahur agar aktivitas seharian tetap lancar.

Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan energi sepanjang hari. Tujuannya adalah untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari lonjakan atau penurunan drastis yang membuat tubuh lapar serta lesu.

Konsumsi beberapa makanan penambah energi berikut saat sahur, seperti dilansir detikcom.

1. Salmon
Sudah bukan rahasia lagi, salmon punya banyak manfaat kesehatan, termasuk di antaranya meningkatkan energi sepanjang hari. Mengutip Eat This, Not That, vitamin B yang ada di dalamnya membantu meningkatkan energi dan melawan rasa lelah.

Selain itu, salmon juga merupakan salah satu sumber vitamin D alami yang membantu memerangi rasa lelah.

2. Yogurt Yunani
Setiap 170 gram yogurt Yunani mengandung 18 gram protein yang penting untuk energi.
Sebagai bonus tambahan, yogurt Yunani juga mengandung kalsium yang dapat memperkuat tulang.

3. Kacang almond
Almond kaya akan protein, serat, dan lemak sehat. Berbagai kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya seperti mangan, tembaga, riboflavin, dan magnesium juga membantu produksi energi sepanjang hari.

4. Cokelat hitam
Cokelat hitam atau dark chocolate adalah cokelat dengan kandungan kakao 75 persen atau lebih. Cokelat jenis ini mengandung flavanol yang tinggi. Kandungan flavanol memberikan dorongan energi yang dibutuhkan sepanjang hari.

5. Alpukat
Jangan lupa juga masukkan alpukat ke dalam menu sahur. Alpukat penuh dengan serat dan lemak sehat. Keduanya dicerna dengan lebih lambat yang membuat kamu kenyang lebih lama dan memberikan energi yang berkelanjutan.

6. Telur
Telur adalah salah satu pilihan terbaik makanan penambah energi. Mengonsumsi telur rebus adalah salah satu cara mudah untuk mendapatkan energi yang tahan lama.

Protein dan lemak sehat dalam telur membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kadar gula darah stabil adalah kunci mutlak untuk mencegah penurunan tingkat energi.

7. Ubi jalar
Sama seperti telur, ubi jalar juga merupakan cara mudah untuk mendapatkan energi tambahan. Ubi jalar memberikan energi yang tahan lama karena kandungan serat dan karbohidrat kompleks di dalamnya.

Selain itu, ubi juga mengandung vitamin A dan C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (mg1)