oleh

Kasus Positif Covid-19 di Riau Turun Drastis, Ini Kabar Menggembirakan atau Tetap Waspada?

-Nasional-40 views

PEKANBARU (SC) – Satgas Penanganan Covid-19 Riau melaporkan per Jumat, 14 Mei 2021, kasus positif Covid-19 di Riau turun drastis. Dimana penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak 112 kasus.

Dengan demikian total pasien terkonfirmasi 51.158 kasus. Hari sebelumnya kasus positif sebanyak 513 kasus. Lantas apakah ini pertanda baik, atau malah seperti bom waktu menunggu ledakan yang lebih besar, sehingga warga tetap harus waspada?

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, berkurangnya kasus positif Covid-19 di Riau ini karena pemeriksaan terhadap orang yang di swab juga menurun. Sehingga kasus yang terkonfirmasi juga ikut turun.

“Mudah-mudahan semakin menurun terus. Dan memang kasus hari ini menurun karena hasil pemeriksaan juga sedikit, sehingga hasilnya juga sedikit. Biasanya 1.500 pemeriksaan swab, nah hari ini hanya 500 sampai 600 sample tentu hasilnya sedikit,” ujar Mimi.

Artinya, secara data memang menurun, namun bukan berarti orang yang terpapar corona juga turun. Sedangkan untuk pasien yang sembuh dan pulang, untuk hari ini juga mengalami peningkatan hingga mencapai 512 orang yang sembuh dan pulang.

Mimi berharap dengan semakin tingginya orang yang sembuh dari virus ini, persentase terkonfirmasi juga menurun, termasuk orang yang meninggal dunia.

Dia menambahkan, segala kemungkinan tentu saja bisa terjadi. Oleh sebab itu, setiap warga diminta untuk selalu patuh pada protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

“Masyarakat harus tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19, apalagi dalam suasana lebaran ini. Kami mengingatkan protokol kesehatan selalu menjadi prioritas dalam setiap kegiatan,” tuturnya.(sc7)