oleh

Tips Merawat Kondisi Aki pada Motor

-Otomotif-139 views

SALISMA.COM – Battery atau aki merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan pada sepeda motor. Namun, banyak dari masyarakat yang seringkali mengabaikannya karena masih bingung mengenai cara pemeliharaan dan penggantian komponen tersebut.

Secara umum, keberadaan aki motor berfungsi untuk menghasilkan arus listrik yang mengaktifkan komponen elektrikal pada sepeda motor seperti starter motor, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrik lainnya.

Jika melihat fungsinya yang begitu vital, maka para pengguna sepeda motor harus benar-benar memperhatikan kondisi aki agar motor dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

Ada beberapa cara untuk menjaga kondisi aki, seperti melakukan pengecekan berkala, tidak memaksa menggunakan starter ketika motor tidak mau menyala dan berhati-hati ketika melakukan modifikasi. Khususnya, jika part pengganti justru membebani kinerja aki itu sendiri.

Dijelaskan Yamaha dalam keterangan resminya, jika aki sudah rusak atau soak, maka dalam menggantinya juga harus memastikan bahwa aki baru merupakan Genuine Part (komponen asli) yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis motor.

Ada beberapa keunggulan aki asli dari pabrikan motor, yakni sebagai berikut:

1. Tanpa saluran pembuangan gas (Vent plug)

Aki asli pabrikan menggunakan bahan grid lead calcium alloys sehingga gas hasil reaksi dapat diubah menjadi cairan. Jadi tidak perlu ada saluran pembuangan gas atau biasa disebut vent plug.

2. Bebas dari kebocoran

Dilengkapi dengan AGM Separator yang merupakan serat glass mat khusus dengan daya serap tinggi. Serta khusus tersebut ampu menyerap seluruh accu zuur (cairan elektrolit) sehingga aman dari kebocoran dan tidak perlu melakukan penambahan air Aki.

3. Memiliki Katup Pengaman

Penggunaan katup pengaman atau valve berfungsi melepas gas bila
terjadi kelalaian over charging sehingga mencegah Aki menjadi kembung. Selain itu, ada juga komponen ceramic filter yang disematkan, fungsinya menahan sumber api kontak dengan gas dari dalam untuk mencegah terjadinya kecelakaan ledakan.

4. Maintenance Free

Menggunakan bahan grid lead calcium alloys yang membuatnya tidak mudah soak dan dapat bertahan tanpa perlu di charging selama 3 bulan karena energi yang tersimpan jauh lebih besar dari Aki konvensional.

5. Siap Pakai

Aki asli pabrikan sudah bersifat siap pakai karena dalam kondisi fully charged (daya penuh) dan juga telah terisi Accu Zurr. Aki tersebut juga telah menjalani serangkaian Cranking Test (uji starter pada kendaraan) untuk memastikan dalam kondisi baik ketika sampai ke tangan konsumen.

Sekadar informasi, aki adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penyuplai arus listrik. Dan agar performa motor tetap terjaga, diperlukan aki yang selalu dalam keadaan prima. (mg1)