oleh

SEROLATION SHOW SUKSES ADAKAN TALKSHOW ENTREPRENEURSHIP

-Ekonomi-142 views

PEKANBARU, SALISMA.COM – Mahasiswa Ilmu komunikasi konsentrasi Public Relations 6-A UIN Suska Riau dengan event Serolation Show, sukses mengadakan Seminar dengan tema “Be a smart young entrepreneurship” pada hari Minggu, 20 Juni 2021 di Titik Kumpul Panam (TKP) Jl. Manyar Sakti, Pekanbaru.

Seminar ini adalah bagian dari program studi Public Relations dimana diharapkan para mahasiswa dapat menambah wawasan dan juga bersikap kritis terhadap perkembangan bisnis yang sedang terjadi di Indonesia. Diharapkan pula semakin banyak para pebisnis muda sehingga mencapai target persentase yang diharapkan pemerintah Indonesia.

Seminar ini mengangkat isu banyaknya para kaum muda yang ingin memulai bisnis namun bingung harus mengambil langkah awal. Seminar ini mengundang dua narasumber yaitu Riski Bagus Oka yang merupakan ketua umum BPC HIPMI Pekanbaru dan Rahmad M.Pd yang merupakan owner dari Rumah Kue Viera.

Acara ini tak terlepas dari dukungan berbaga sponsor diantaranya, Titik Kumpul Panam, Lexo Cafe, Penjaga Kaki, Kata Kebab, Theta, Baratie2nd, BaksibakarKQ5, Vc Sterling, dan Creative and Healthy Juice. Acara ini juga di dukung oleh berbagai media partner yang tidak dapat disebutkan satu persatu,  dalam support publikasi dari awal hingga akhir acara.

“Event ini menjadi wadah untuk mengasah kemampuan mahasiswa, bukan hanya di teoritis, tapi juga di dunia praktis,” ujar Usman,M.I.Kom selaku dosen pengampu.

Pembicara pertama Riski Bagus Oka yang merupakan ketua BCP HIPMI Pekanbaru yang membahas tentang “Awal dalam memulai bisnis”. Ia menjabarkan bahwa dalam memulai bisnis langkah pertama adalah membuat dan menentukan visi dan misi. Hal ini bertujuan agar bisnis atau  yang dibangun dapat bertahan dalam situasi apapun sebab berpegang teguh pada visi dan misi yg dari awal telah dikokohkan.

Melalui wawancara dia menyatakan, “dalam suatu negara maju terdapat setidaknya 14% populasi pengusaha yang dapat mendorong kemajuan negara. Dan untuk Indonesia memiliki 7% populasi pengusaha. Saya berharap dengan adanya talk show ini para anak muda dapat membentuk diri menjadi pengusaha dan pebisnis yang cerdas dan tangguh yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman,” ungkap Riski Bagus Oka.

Riski juga menegaskan bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses harus memiliki visi dan misi yang bertujuan untuk kepentingan banyak orang.

Selanjutnya, Rahmad yang merupakan pemilik dari Rumah Kue Viera menyampaikan bahwa dalam memulai bisnis diperlukan riset untuk mengetahui minat pasar. Terlebih dalam usaha di bidang kuliner, sangat diperlukan penyesuaian selera dan rasa sesuai dengan wilayah yang menjadi target pemasaran.

“Penyesuaian tersebut merupakan hasil dari hasil riset yang telah dilaksanakan sebelumnya, dengan adanya riset tersebut maka kita dapat memberikan standar dalam usaha di bidang yang kita miliki khusunya kuliner,” katanya.

Seminar ini berlangung kurang lebih 2 jam dari pukul 14.00 – 16.00 WIB. Dipenghujung acara terdapat  pertanyaan dari peserta dan juga pembagian doorprize, ditutup dengan foto bersama narasumber, moderator, dosen, dan ketua pelaksana. Diharapkan seluruh peserta yang hadir dapat mengambil pengetahuan yang telah disampaikan oleh narasumber dan menambah wawasan sebagai pertanggung jawaban kata Kaum Intelektual yang disematkan kepada para mahasiswa.(rls)