oleh

Begini Cara Hemat Data WhatsApp Untuk Telepon dan Video Call

-Tekno-80 views

SALISMA.COM – Pengguna WhatsApp bisa saling berkomunikasi menggunakan banyak cara, mulai dari chatting, telepon sampai video call. Tapi berbincang-bincang lewat telepon dan video call di WhatsApp tentu akan lebih menguras kuota data dibandingkan chatting biasa.

WhatsApp membutuhkan internet untuk bisa melakukan panggilan suara dan video. Saat melakukan panggilan suara, WhatsApp menghabiskan data sekitar 740 Kb per menit.

Data yang digunakan saat melakukan video call tentu lebih besar lagi. Hal ini bisa menyulitkan pengguna yang memiliki kuota internet terbatas saat ingin berbincang dengan keluarga atau teman.

Seperti dilansir detikcom Kamis 15 Juli 2021, kalian tetap bisa menelepon dan melakukan video call di WhatsApp meski kuota internet menipis. Berikut ini cara menghemat data di WhatsApp saat telepon dan video call.

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android atau iOS lalu klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas
Pilih opsi Settings atau Pengaturan dari menu drop-down yang ada
Setelah itu pilih opsi ‘Storage and Data’
Terakhir, tap toggle ‘Use less data for calls’ yang ada di bagian bawah opsi Network usage. Jika toggle ini sudah ditekan, maka panggilan suara dan video yang dibuat akan menggunakan lebih sedikit data.
Fitur ini memungkinkan WhatsApp untuk menggunakan data minimum yang dibutuhkan untuk melakukan panggilan suara dan video, jadi ada kemungkinan kualitasnya akan terpengaruh.

Perlu dicatat, sebelum mengaktifkan fitur ini pastikan WhatsApp yang ada di ponsel merupakan versi terbaru yaitu versi 2.21.13.28 untuk Android, dan versi 2.21.131 untuk iOS.

Selain menghemat data saat menelepon dan video call, kalian juga bisa menghemat data saat berkirim konten multimedia seperti foto dan video. Caranya dengan mematikan fitur download otomatis yang ada di WhatsApp.

Fitur ini tidak hanya membuat memori penyimpanan di ponsel kalian penuh, tapi juga bisa menguras data. Apalagi WhatsApp tidak lama lagi akan meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirimkan foto dan video berkualitas tinggi, maka ukuran konten yang diterima akan lebih besar lagi.

Untuk mematikan opsi download otomatis, pertama masuk ke menu Settings lalu pilih Storage and Data. Setelah itu tap opsi ‘When using mobile data’ dan hilangkan tanda cek di semua opsi (foto, audio, video, dan dokumen) lalu tap OK. (mg1)