oleh

Ini 7 Makanan yang Mengandung Vitamin K Tinggi

-health-92 views

SALISMA.COM – Vitamin K ternyata tak hanya mampu melindungi paru-paru tetapi juga bisa mencegah keparahan gejala Covid-19. Rutin konsumsi tujuh makanan tinggi vitamin K ini sangat dianjurkan di tengah pandemi.

Saat pandemi Covid-19, hampir semua orang berbondong-bondong mengonsumsi vitamin yang dipercaya dapat menguatkan imunitas hingga nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Diantaranya vitamin C dan vitamin D yang laris manis diborong untuk perlindungan diri selama pandemi Covid-19.

Selain vitamin C dan D, ternyata vitamin K juga memiliki peran penting untuk melindungi diri di masa pandemi. Seperti dikutip dari detikcom, penelitian yang dilakukan oleh rumah sakit Canisius Wilhelmina di Belanda menemukan bahwa pasien Covid-19 yang mengonsumsi vitamin K mengalami pemulihan yang cukup signifikan.

Vitamin K juga diketahui dapat mencegah pembekuan darah yang disebabkan oleh Covid-19 yang dampaknya berujung pada degradasi elastis di paru-paru. Memenuhi kecukupan harian vitamin K akan memberikan tubuh asupan protein yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah tersebut.

Berikut ini 7 sumber makanan tinggi vitamin K yang disarankan oleh ahli menurut Web MD:

1. Bayam
Dikatakan sebagai bahan makanan yang mengandung banyak mineral dan nutrisi, bayam ternyata juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi.

Dalam daftar bahan makanan sumber vitamin K bahkan bayam termasuk salah satu sayuran yang menduduki peringkat teratas.

Bayam yang sudah direbus diketahui mengandung 561 mikrogram vitamin K sedangkan bayam mentah bisa mengandung 250 mikrogram pada takaran 64
gram. Kadar ini cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin K pada orang dewasa sebanyak 0,001 miligram per kilogram berat tubuh.

2. Brokoli
Tidak hanya bayam, jenis sayuran hijau lainnya seperti brokoli juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Brokoli yang sudah matang mengandung 110 mikrogram untuk setiap 64 gram takaran saji.

Brokoli juga termasuk sayuran yang mudah didapatkan jika kamu berbelanja ke supermarket maupun ke pasar tradisional sekalipun. Cara pengolahannya juga cukup mudah dan bisa saja ditambahkan ke dalam berbagai jenis masakan.

3. Apel
Selain kaya serat, apel juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Satu buah apel ukuran kecil bahkan mengandung hingga 5 mikrogram vitamin K.

Apel menjadi buah yang disarankan karena kemudahannya untuk dikonsumsi. Bahkan apel seringkali direkomendasikan sebagai buah yang bisa dipilih untuk alternatif camilan yang lebih sehat.

4. Kacang Kedelai
Kacang kedelai punya kandungan vitamin K yang sangat baik. Beragam olahan kacang kedelai yang disarankan untuk dikonsumsi misalnya seperti minyak kedelai, tempe dan natto yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai.

Dalam satu sendok makan minyak kacang kedelai saja sudah bisa memberikan asupan vitamin K sebanyak 25 mikrogram. Kadar ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin dan mungkin minyak kacang kedelai juga bisa menjadi alternatif minyak yang lebih sehat.

5. Kacang-Kacangan
Ukuran kacang-kacangan yang cenderung kecil justru mengandung banyak protein, serat serta kandungan lemak yang baik untuk kesehatan.
Kacang-kacangan juga memiliki komponen yang dapat melawan inflamasi dan menjaga kesehatan jantung.

Kacang-kacangan yang disarankan adalah kacang almond, mede dan berbagai kacang-kacangan lainnya. Untuk memudahkan konsumsi kacang dengan rutin, kamu juga bisa mengganti camilan sehatmu menjadi segenggam kacang-kacangan.

6. Ikan
American Heart Association merekomendasikan untuk konsumsi ikan seperti salmon atau tuna paling tidak dua kali dalam seminggu. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak sehatnya, protein serta mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Ikan seperti salmon atau bahkan udang sekalipun memiliki kadar vitamin K yang juga dapat melindungi tubuh di masapandemiCovid-19. Pada 85 gram ikan tuna kalengan bahkan bisa memberikan vitamin K sebanyak 37 mikrogram untuk tubuh.

7. Wortel
Selain kandungan vitamin A pada wortel yang terkenal untuk mempertajam mata, ternyata ada juga vitamin K yang tak kalah diperlukan untuk tubuh. Komponen beta karoten yang ada wortel ini menjadi sumber penyimpanan vitamin K yang sangat baik.

Cara mengonsumsi wortel untuk mendapatkan manfaat vitamin K nya yang efektif juga cukup mudah. Kamu bisa mengolah wortel menjadi jus yang segar maupun semangkuk sup. (mg1)