oleh

Mahasiswa KUKERTA UNRI Ajak Masyarakat Sulap Ikan Tenggiri Di Masa Covid-19

SALISMA.COM, RIAU – Kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin bertambah setiap harinya, masyarakat diharapkan ikut berperan dalam upaya menekan kenaikan kasus positif Covid-19. Protokol kesehatan yang selalu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penularan yaitu dengan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas).

Faktor yang selalu diperhatikan selama pandemi Covid-19 ini adalah kesehatan, masyarakat harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak lemah dan drop di masa pandemi. Menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat tentunya dengan mengonsumsi makan makanan yang bergizi. Salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi yaitu ikan. Desa Muntai merupakan salah satu desa dengan potensi sumber daya laut yang cukup besar, sejumlah ikan laut mudah ditemukan di daerah muntai, seperti ikan tenggiri, ikan parang, udang, dan jenis ikan lainnya.

Sebagai upaya menambah daya tahan tubuh, Tim KUKERTA (Kuliah Kerja Nyata) Balik Kampung Universitas Riau tergerak untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pembuatan nugget ikan Tenggiri (Scomberomorus commersoni). Pembuatan nugget ikan tenggiri juga merupakan upaya untuk mengembangkan perekonomian masyarakat desa Muntai dengan memanfaatkan hasil laut yaitu ikan Tenggiri, dan mengolahnya menjadi produk nugget ikan. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan workshop pengolahan nugget ikan, sehingga ilmu tersebut bisa di realisasikan dalam sektor usaha perekonomian masyarakat desa Muntai.

Tim KUKERTA Balik Kampung Universitas Riau memberi label produk nugget ini dengan sebutan MU, NAGIH (Muntai Nugget Gurih). Workshop pengolahan nugget ikan ini dilaksanakan di showroom kantor desa Muntai, yang dihadiri oleh ketua PKK dan masyarakat desa Muntai.

“Harapan kami agar produk nugget ikan ini bisa dikembangkan menjadi produk unggulan di desa Muntai, khususnya oleh ibu-ibu PKK,” ujar Indah Mutiya Afriyani selaku ketua PKK desa Muntai.

Nugget ikan adalah salah satu resep nugget selain daging ayam yang sangat praktis dibuat dan di sukai banyak orang. Sebagai inspirasi, nugget ikan bisa dibuat sebagai lauk atau persediaan frozen food yang wajib ada di dalam kulkas. Dalam 100 gram ikan Tenggiri, mengandung nutrisi seperti protein 19,29 gram, asam lemak omega 3, kalsium 11 mili gram dan masih banyak yang lainnya sehingga produk ini cocok sebagai makanan yang dapat meningkatan sistem imun tubuh di masa pandemi.

MU, NAGIH merupakan program unggulan tim KUKERTA Balik Kampung Universitas Riau di desa Muntai yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan  kepada masyarakat untuk mengembangkan kreativitas dalam pengolahan hasil laut sehingga dapat menambah nilai jual produk.(rls)