oleh

Peringati Hari Pramuka ke-60, Kwarda Riau Gelar Berbagai Kegiatan

SALISMA.COM, PEKANBARU – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2021, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya renungan dan ulang janji pada Jum’at (13/8), mengikuti Apel Hari Pramuka ke-60 tingkat nasional secara virtual, melaksanakan Apel Hari Pramuka ke-60 tingkat Daerah Riau, penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka, ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Darma, dan pemberian paket sembako kepada anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat yang terdampak Covid-19 pada Sabtu (14/8).

Ketua Kwarda Riau H.M.Azaly Djohan dalam sambutannya pada acara renungan dan ulang janji menyampaikan bahwa sejak panji Gerakan Pramuka diserahkan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno kepada pandu agung Sri Sultan Hamengkubuwono IX, 60 tahun yang lalu, semenjak itulah seluruh kepanduan melebur menjadi satu dan menyatukan diri ke dalam Gerakan Pramuka.

“Selama 60 tahun, Gerakan Pramuka turut serta bahu membahu bersama pemerintah membina dan mendidik generasi muda bangsa” kata Azaly Djohan.

“Hal itu dapat dilihat banyaknya para pemimpin yang lahir dari proses pendidikan kepramukaan, pun tak luput di Provinsi Riau, selama 60 tahun Gerakan Pramuka di Bumi Lancang Kuning telah turut mewarnai pembentukan karakter dan jiwa kaum muda di daerah ini”tambahnya.

“Masih banyak pekerjaan rumah, tantangan serta hambatan yang harus dilalui oleh Gerakan Pramuka. Dengan tekad dan keyakinan kita, saya yakin Gerakan Pramuka terus tumbuh dan berkembang membina dan mengembangkan generasi muda di seluruh wilayah NKRI” ujarnya.

“Saya mengucapkan terimakasih atas waktu, tenaga, dan fikiran Kakak-kakak dan adik-adik dalam mendarmabaktikan diri kepada Gerakan Pramuka, tak lupa kepada Kakak-kakak yang telah berpulang seperti alm Kak Yono, alm. Kak Mardjono, alm. Kak Khalidin, alm. Kak M. Azwar Aziz serta Kakak-kakak lainnya” pungkasnya.

Sementara Wakil Gubernur Riau selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Edy Natar Nasution pada Apel Hari Pramuka ke-60 Tingkat Daerah Riau menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pramuka ke-60 merupakan momentum bagi Gerakan Pramuka untuk terus membina dan mengembangkan pendidikan kepramukaan di Provinsi Riau.

“Di usia yag ke-60 ini saya mengharapkan Gerakan Pramuka menjadi tetap yang terdepan bergerak dalam menghadapi masalah-masalah kaum muda, sosial masyarakat serta berbakti tanpa henti, bahu membahu bersama pemerintah di tengah-tengah masyarakat yang terdampak pandemi saat ini” kata Edy.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Semangat satya dan darma Pramuka harus terus terpatri di hati Kakak-kakak dan Adik-adik sekalian, semangat gotong royong, rela menolong dan tabah, rajin terampil dan gembira harus digaungkan oleh Kakak-kakak dan Adik-adik di daerah ini” tambahnya.

“Meski saat ini, kita masih menghadapi pandemi, namun di beberapa tempat saya mendengar dan melihat Kakak-kakak dan Adik-adik tetap melaksanakan latihan dan kegiatan Pramuka, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta dengan inovasi-inovasi metode pelatihan dan kegiatan yang menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi” ujarnya.

“Adik-adik Pramuka juga banyak melakukan kegiatan terhadap masyarakat yang terdampak covid-19 seperti pembagian sembako, penyemprotan disinfektan, menjadi relawan duta perubahan perilaku dan membantu tenaga kesehatan dalam program vaksinasi” tambahnya.

“Berkarya dan bergotong royonglah dengan bersama, bergembira serta penuh dedikasi yang tinggi, agar bakti Kakak-kakak dan Adik-adik dapat berguna dan bermanfaat” pungkasnya.

Acara Apel Hari Pramuka ke-60 tingkat Daerah Riau dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy, forum komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang abdimasgana dan LH Joko pujiono, beberapa andalan dan penerima tanda penghargaan.

Pada Apel Hari Pramuka ke-60 tingkat daerah Riau di Balai Serindit, Wakil Gubernur Riau didampingi Ketua Kwarda Riau menyerahkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka, diantaranya Lencana Melati diberikan kepada Murni Baheram dan M. Kasir, Lencana Darma Bakti kepada Wakil Ketua Mabicab Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Lencana Pancawarsa Utama kepada Fauzi Nur, Lencana Karya Bakti kepada Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, Lencana Pancawarsa III kepada Syahrial Abdi selaku anggota Mabida Riau dan lencana teladan kepada Sekretaris II DKD Riau Jamiatul Ulya.

Kegiatan Peringatan Hari Pramuka tingkat Daerah Riau juga diikuti oleh Kwartir Cabang se-Daerah Riau secara daring. (rilis)