oleh

Taja Workshop Filmmaking, UKM Film Pendek  UIN Suska Riau Ajak Mahasiswa Produktif

PEKANBARU – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Film Pendek UIN SUSKA Riau menggelar workshop Filimmaking dengan tema “Belajar Film Produksi di Kala Pandemi”. Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (11/9/2021).

Workshop ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar tetap produktif di kala pandemi  “Meningkatkan skill serta minat dan bakat mahasiswa dalam dunia perfilman dan juga dapat melahirkan sinemas muda di UIN Suska Riau yang mampu menorehkan banyak karya hebat”  pangkas Thoriq Daffa Deas selaku ketua UKM Film Pendek UIN Suska Riau.

Tika Mutia, M.I.Kom selaku Pembina UKM ini juga berpesan agar mahasiswa selalu produktif di kala pandemi Covid-19. Tika juga siap memberi dukungan baik moril dan juga materil untuk kembali menggiatkan produksi film di kampus.

Workshop ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 UIN Suska Riau, Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D, untuk memberikan kata sambutan serta membuka kegiatan. Kegiatan ini juga di ramaikan oleh tamu undangan dari SEMA F, DEMA F dan Komunitas-komunitas film lainnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu 11-12 September 2021 dan diikuti oleh puluhan peserta, terdiri dari mahasiswa UIN Suska Riau, UIR, UMRI, UT, dan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Peserta sangat antusias terhadap paparan materi yang diberikan narasumber. Terlihat banyak yang ingin berdiskusi lebih lanjut dan bertanya di akhir sesi.

Acara ini menghadirkan 7 Narasumber mumpuni pada bidangnya dengan materi yang berbeda, diantaranya :

  1. Sandiko Daris Prasetyo (Anggota Bidang KIE Pik Smart dan Bidang Data dan Informasi Forum GenRe Riau), Materi Editing
  2. Tika Mutia, S.I.Kom., M.I.Kom (Akademisi dan Praktisi Film), Materi Kepenulisan Skenario
  3. Nolly Medy Putra, S.Sn., M.Sn (Akademisi dan Praktisi Film), Materi Penyutradaraan
  4. Pelican Landri, M.I.Kom (Akademisi dan Praktisi Film), Materi Sinematografi
  5. Kevinnisa Ramadhani (Sekretaris Komisi Film Riau), Materi Kostum dan Tata Rias
  6. Qishatul Ifki (Ketua Komunitas Film Pekanbaru), Materi Artistik
  7. Adrian Eka (Ketua Crew Suska TV 2019-2021), Materi Sound/Suara

Membuat film itu merupakan salah satu cara kita untuk belajar dan juga cara kita mengapresiasi dan menghargai karya seni. “Dalam film Tidak semuanya nyata, tapi dapat kita jadikan terlihat nyata, jika itu bagus maka lanjutkan,” pungkas Sandiko selaku salah satu pemateri dalam workshop ini.(rls)