oleh

Posisi Kursi Pesawat Dapat Meminimalkan Guncangan Saat Turbulensi

-Travel-48 views

SALISMA.COM – Apakah anda pernah mengalami turbulensi saat di pesawat?  Turbulensi pesawat sendiri merupakan guncangan pesawat yang disebabkan oleh benturan massa udara yang datang dengan kecepatan yang cukup tinggi dari berbagai arah yang terjadi di kolom udara. Hal ini akan mengakibatkan pesawat mengalami guncangan bahkan seperti dihempaskan.

Turbulensi kerap menjadi menakutkan dalam penerbangan. Namun ternyata ada posisi kursi pesawat yang dapat meminimalkan guncangan saat terjadi turbulensi.

Meski tidak memberikan pengaruh terlalu besar, namun salah satu posisi kursi pesawat dapat mengurangi rasa guncangan saat turbulensi.

“Untuk sedikit mengurangi, tempat paling tepat untuk duduk adalah kursi dekat sayap. Karena posisinya paling dekat dengan pusat gravitasi pesawat,” ujar Pilot Patrick Smith yang juga penulis Cockpit Confidential dikutip dari Dailymail.

Sementara tempat duduk paling buruk saat menghadapi turbulensi adalah kursi paling belakang. Kursi ini adalah yang berada paling dekat dengan ekor pesawat.

Pada posisi tersebut guncangan pesawat akan semakin terasa dibandingkan dengan bagian tengah pesawat.

Meski demikian, Pilot British Airways, Kapten Steve Allright mengatakan bahwa penumpang tidak perlu takut berlebihan pada turbulensi.

“Turbulensi adalah bagian dari penerbangan dan tidak perlu ditakuti,” tandasnya.

(dream)