oleh

Tour de Siak Kembali Digelar

-Siak-40 views

SALISMA.COM, SIAK – Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Siak kembali menggelar balap sepeda Tour de Siak (TdSi) Tahun 2016. Perhelatan ini akan berlangsung mulai dari tanggal 19-22 Oktober mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Disparpora Siak, Syamsurizal mengatakan bahwa hari ini (Senin, red) seluruh tim yang berpartisipasi akan tiba di Kota Siak. Namun pertandingan sendiri baru akan digelar Rabu (19/10) setelah acara pembukaan yang akan digelar esok hari, Selasa (18/10).

“Pada tanggal 17 Oktober ini seluruh team dipastikan tiba di kota Siak. Pada tanggal 18 Oktober akan digelar acara pembukaan, baru pada tanggal 19 akan dilaksanakan pertandingan”, terang Syamsurizal.

Tour de Siak merupakan ajang balap sepeda internasional yang bertujuan mempromosikan wisata di Siak, seperti Istana Siak, Jembatan Sungai Siak, dan Tata Kota Siak sebagai yang paling rapi di tanah air.

Tahun ini dipastikan 13 tim akan ikut bertanding, dimana 8 tim merupakan tim lokal dalam negeri, sedangkan sisanya dari luar negeri.

Tour de Siak 2016 masuk dalam kalender rutin Union Cycling International (UCI). Para peserta akan unjuk kekuatan dengan menaklukan sejumlan lintasan yang terbagi dalam 4 etape. Etape I, Siak-Simpang Dayun sepanjang 154,15 Km. Etape II, Siak-Sungai Apit sepanjang 115, 45 Km. Etape III, Siak-Perawang sepanjang 182,12 Km, dan etape 4 Siak City Race sepanjang 110 Km. Para pembalap akan melintasi jalan berliku dan tajakan serta pemandangan alam di antarannya perkebunan kelapa sawit. (Infotorial)