oleh

Valkyrie, Robot Astronot ini Akan Dikirim ke Mars

-Tekno-8 views

SALISMA.COM – The National Aeronautics and Space Administration, atau yang biasa dikenal dengan NASA diketahui tengah mempersiapkan sebuah perangkat baru. Perangkat ini dibuat  untuk dikirimkan ke Planet Mars.

Perangkat tersebut adalah sebuah robot astronot. Rencana NASA menciptakan sebuah robot astronot memang sudah direncankan sejak lama. Namun, NASA baru merealisasikan hal tersebut pada saat ini. Robot yang diklaim menjadi robot superhero itu dinamai Valkyrie.

Robot in memiliki tinggi 6,2 kaki dan berat 128 kg, dan merupakan robot humanoid (menyerupai manusia) yang telah dikembangkan sejak lamaValkyrie memiliki tinggi 6,2 kaki dan berat 128 kg. Robot ini merupakan robot humanoid (menyerupai manusia) yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun.

Sampai saat ini, NASA telah bekerjasama dengan kedua universitas ternama di Amerika Serikat, Massachusetts Institute of Technology di Cambridge dan Northeastern University di Boston untuk mengembangkan ketangkasan mesin robot tersebut, serta `mengasah` Aritifical Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Valkyrie agar bisa membantu para astronot luar angkasa ketika berada di Mars.

Prototype terbaru Valkyrie — R5, sedang memasuki tahap akhir untuk bisa dipamerkan dalam waktu dekat di NASA Space Robotics Challenge. Dalam dua tahun terakhir, para tim pengembang Valkyrie dari kedua universitas tersebut juga telah meng-upgrade seri R5 lebih baik.

NASA mengungkapkan bahwa Valkyrie ditenagai oleh baterai yang disimpan di sebuah backpack di bagian belakang bodinya yang bisa bertahan selama satu jam.

Bentuk fisik robot ini juga didesain unik. Dibalut dengan kostum astronot bewarna putih, Valkyrie memiliki desain kostum ala Iron Man dengan sebuah bola biru berlogo NASA di tengah dada yang bisa bercahaya ketika robot tersebut bergerak.

(liputan6)