oleh

Membintangi Star Wars: A New Hope, Harrison Ford Mengaku Dibayar Sedikit

-Seleb-54 views

SALISMA.COM – Siapa yang tidak mengenal bintang besar hollywood, Harrison Ford? Harrison Ford memiliki peran penting dalam franchise film Star Wars. Aktor kelahiran 13 Juli 1942 itu sukses membawakan karakter sentral Han Solo dalam ketiga film Star Wars pertama, yaitu A New Hope, The Empire Strikes Back, dan Return of the Jedi.

Meski Harrison Ford menjadi tokoh sentral, tetapi ia mengaku dibayar cukup minim saat membintangi Star Wars: A New Hope (1977).

Star Wars-A New Hope

“Seorang teman produser saya yang memproduseri (George Lucas) American Graffiti, entah bagaimana meminta saya untuk membaca baris dialog dengan orang-orang yang ikut audisi untuk peran Putri Leia dan Luke Skywalker,” ungkapnya saat menjadi narasumber acara televisi Good Morning America. “Saya pikir saya hanya membantu. Kemudian ketika semuanya usai mereka bertanya apakah saya ingin bermain Han Solo.”

Ford pun tak serta merta langsung mengiyakan tawaran tersebut. Sebab, bayaran yang diterimanya relatif kecil. Akan tetapi, ia tetap menerimanya. “Saya berkata,’berapa banyak?’ Kemudian mereka mengatakan “1.000 dolar AS (Rp 13,7 juta) per minggu”.

Dan saya mengatakan, “Tidak! Tidak!… Tetapi akhirnya saya menerima. Saya menerimanya untuk 1.000 dolar AS (Rp 13,7 juta) per minggu,” katanya. Ia lalu menambahkan, “Itu untuk Star Wars pertama.”

Namun, gajinya meningkat seiring kesuksesan seri Star Wars di box office. Star Wars: A New Hope meraup pendapatan sebesar 775 juta dolar AS di seluruh dunia dan menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa. Banyak pemeran pendukung Star Wars seperti Ford yang kemudian meminta dibayar berdasarkan pendapatan film Star Wars di box ofice.

Dalam surat kontrak, mereka membubuhkan perjanjian bakal mendapatkan persentase dari keuntungan film, sehingga bayaran mereka jauh lebih besar. Seperti Sir Alec Guinness, yang bermain Obi-Wan Kenobi. Ia bernegosiasi mendapatkan 2,25 persen dari royalti yang didapatkan sutradara George Lucas, yang artinya menerima seperlima dari pendapatan box office.

Star Wars-The Force Awakens

Kini, Harrison Ford telah menjadi salah satu bintang film terbesar di Hollywood. Pastinya butuh anggaran besar untuk mengandengnya kembali sebagai Han Solo dalam film terbaru Star Wars yang bakal tayang 18 Desember mendatang.

Ford pun meyakinkan penontonnya bahwa film Star Wars: The Force Awakens arahan J.J. Abrams tersebut tidak akan mengecewakan. “Itu luar biasa. Sebuah film yang indah. Itu benar-benar film yang besar. Saya senang melihatnya. Benar-benar skenario yang bagus. Kesempatan bekerja sama dengan J.J yang saya kagumi. Dan itu tampak seperti ide yang bagus,” katanya.

(muvila)