oleh

Cegah Konflik Dampak dari Penambangan Batu Bara, Masyarakat Desa Pulau Bayur Dukung Polda Riau Jaga Harkamtibmas

SALISMA.COM, PEKANBARU – Tahapan kerja lenambangan batu bara di Desa Pulau Bayur Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi telah mulai dilaksanakan.

Sosialisasi tentang kegiatan penambangan juga secara bertahap dilaksanakan oleh perusahaan yang telah mengantongi IUP, namun dalam perjalanannya ada beberapa kelompok masyarakat yang menolak dan bahkan sempat terjadi pemblokiran jalan serta penyetopan kendaraan atau alat berat perusahaan menuju lokasi kerja.

Setelah didalami permasalahannya didapati bahwa masih adanya anggapan sebagian masyarakat yang mengkhawatirkan apabila aktifitas penambangan batu bara akan berdampak pada kerusakan lingkungan hidup dan secara langsung juga akan berdampak pada pertanian milik masyarakat sekitar.

Dimana adanya anggapan bahwa dampak penambangan batu bara akan merusak tanaman pertanian masyarakat seperti kebun karet dan kelapa sawit mereka.

Penolakan-penolakan tersebut apabila dilakukan dengan cara-cara yang tidak terarah dan tidak sesuai aturan dalam menyampaikan pendapat atau penolakan maka akan berdampak pada terganggunya Harkamtibmas di Kcamatan Cerenti, khususnya di Desa Pulau Bayur.

Untuk mengantisipasi berkembangnya situasi dan menjaga stabilitas Harkamtibmas tetap kondusif, Kanit 5 Subdit Kamsus Dit Intelkam Polda Riau Kompol Amriadi ,SH melakukan pendekatan kepada Perangkat Desa Pulau Bayur dan beberapa tokoh masyarakat desa.

“kita sebagai warga negara Indonesia harus menjaga Harkamtibmas di manapun kita berada dan apabila ada permasalahan yang belum ada jalan keluarnya, agar dilakukan dengan cara-cara yang sesuai aturan, jangan lakukan tindakan-tindakan yang melawan hukum yang nantinya akan menyusahkan masyarakat itu sendiri,” ucapnya .

“Sangat diharapkan peran serta aparat desa bersama tokoh masyarakat desa Pulau Bayur agar cepat tanggap akan permasalahan di desanya sebagai upaya menjaga stabilitas Harkamtibmas,” sambungnya.

Pj Kepala Desa Pulau Bayur, Dislagana Farce yang didampingi oleh Ketua BPD Jemmi Wahyudi dan ketua pemuda menyampaikan mereka mewakili masyarakat desa Pulau Bayur menyatakan bahwa masyarakat desa akan mendukung kepolisian daerah Riau dalam menjaga situasi Harkamtibmas Desa Pulau Bayur, Cerenti, Kuantan Singingi.

Pj Kades juga mendukung upaya dari kepolisian daerah Riau guna mencegah konflik penambangan batu bara supaya Desa Pulau Bayur, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi tetap terjaga stabilitas Harkamtibmas diwilayahnya.***(rls).