oleh

5 Mobil Kuno Tercepat Dizamannya

-Otomotif-40 views

SALISMA.COM (SC) – Dari tahun ke tahun, pabrikan melakukan riset dan pengembangan teknologi. Tujuannya, mempersiapkan mobil-mobil dengan kecepatan lebih baik dan melebihi batas-batas performa kendaraan di zamannya.

Membangun mobil tercepat juga sudah terjadi sejak manusia mulai menciptakan mobil untuk pertama kalinya. Pada saat itu, performa yang diciptakan harus di atas rata-rata.

Berikut ini mobil kuno tercepat dizamannya seperti yang dilansir liputan6.

  1. Benz Motorwagen

Mobil tercepat pertama di dunia adalah Benz Motorwagen yang diciptakan Karl Benz pada 1886. Merek ini merupakan cikal bakal dari pabrikan Mercedes Benz.

Benz Motorwagen memiliki kecepatan maksimum 16 km/jam. Performa ini berasal dari mesin berkubikasi 954 cc silinder tunggal yang memproduksi daya hanya 2/3 Tk.

Mobil pertama di dunia ini diproduksi sebanyak 25 unit antara 1886 sampai 1893.

  1. Stanley Runabout

Mobil tercepat selanjutnya adalah Stanley Runabout yang diciptakan oleh kakak beradik asal Amerika Serikat, Stanley pada 1898. Mobil dengan mesin tenaga uap ini memiliki kecepatan maksimum hingga 56 km/jam.

Adapun dapur pacunya didukung mesin dua silinder tenaga uap dengan tenaga puncak 3,5 Tk. Tenaga dari mesin ditransfer ke roda menggunakan rantai.

Stanley bersaudara saat itu berhasil memproduksi Runabout sebanyak 200 unit

  1. Mercedes Simplex

Di awal abad 20 atau tepatnya pada 1902, Daimler Motoren Gesellschaft yang juga menjadi cikal bakal perusahaan Mercedes Benz sukses menciptakan mobil tercepat di dunia yaitu Mercedes Simplex. Mobil ini mampu digeber hingga kecepatan maksimum 117,5 km/jam.

Sumber tenaga berasal dari mesin 9.236 cc empat silinder yang dikawinkan transmisi lima percepatan. Tenaga puncak yang dihasilkan mencapai 60 Tk.

Mobil ini diproduksi hingga 1909. Dalam kurun waktu tersebut Simplex juga sempat digunakan sebagai mobil balap.

  1. Austro-Daimler Prince Henry

Setelah Simplex, Daimler Motoren Gesellschaft kemudian menciptakan mobil tercepat lainnya di bawah merek Austro-Daimler pada 1911. Mobil yang dirancang oleh Ferdinand Porsche ini khusus diciptakan untuk Pangeran Henry di Austria sebelum era Perang Dunia I pecah.

Mobil ini dibekali mesin empat silinder 5.714 cc yang memproduksi tenaga hingga 95 Tk. Mobil ini sanggup digeber hingga kecepatan maksimum 137 km/jam

  1. Duesenberg Model J

Era kejayaan mobil tercepat di dunia mulai berubah saat terciptanya Duesenberg Model J pada 1928. Mobil yang diciptakan oleh pabrikan Duesenberg ini hadir sebagai mobil paling mewah dan paling bertenaga.

Saat itu, Model J telah didukung mesin 8 silinder berkapasitas 7 liter DOHC dengan supercharger sebagai opsional. Mobil ini sanggup dipacu hingga kecepatan 191,5 km/jam.

(liputan6)