oleh

Marquez dan Lorenzo Berpeluang Melewati Raihan juara Dunia Rossi

-Olahraga-30 views

SALISMA.COM (SC) – Marquez dan Lorenzo terbukti berhasil mengikis dominasi Rossi yang sempat terjadi lomba balap motor prestisius pada satu dekade awal milenium baru. X-Fuera–julukan Lorenzo –menjadi kampiun MotoGP pada 2010, 2012, 2015 sementara Marquez meraihnya pada 2013-2014.

Namun, raihan tersebut masih kalah bila dibandingkan raihan gelar juara dunia Rossi selama tampil di MotoGP. Total rider berusia 36 tahun itu meraih tujuh trofi dunia MotoGP bersama dua tim berbeda, Honda dan Yamaha.

Raihan tujuh gelar bukan pencapaian maksimal Rossi. Jika ditambahkan dua gelar lainnya di kelas 125 dan 250 cc, rider berpaspor Italia itu total meraih sembilan gelar juara dunia!

Catatan itu lebih banyak ketimbang raihan Lorenzo dan Marquez. Lorenzo total meraih lima gelar juara dunia yang terbagi di dua kelas yakni MotoGP tiga trofi dan 250 cc (2).

Sementara The Baby Alien–julukan Marquez–total meraih empat gelar juara dunia yang terbagi di tiga kelas yakni MotoGP (2), 250 cc (1) dan 125 cc (1). Dengan usia yang masih muda, Lorenzo (28) dan Marquez (22), peluang melewati raihan gelar juara dunia Rossi masih terbuka lebar.

Namun, untuk melewati atau bahkan menyamai catatan legenda balap Italia, Giacomo Agostino, Lorenzo dan Marquez sepertinya agak sulit. Sebab selama Ago–sapaan akrab Agostini–tampil di lomba balap motor kompetitif, ia berhasil meraih 15 gelar juara dunia.

Gelar itu direbut Ago di dua kelas berbeda, yakni 350 cc dan 500 cc–sekarang MotoGP. Di kelas 350 cc, Ago meraih tujuh gelar juara, sementara sisanya dikemas di kelas 500 cc.

(okezone)