Ilmuan Australia Temukan Planet Terdekat yang Dapat Dihuni

SALISMA.COM (SC) – Para ilmuan Australia telah menemukan planet terdekat yang berpotensi dapat dihuni, , dan itu hanya berjarak 14 tahun cahaya atau terletak 126 triliun kilometer dari Bumi.

Meski kedengarannya mustahil bisa dicapai, namun ketika Anda mempertimbangkan bahwa planet tetangga terdekat bumi, Mars, berjarak 249 juta kilometer yang memerlukan beberapa tahun cahaya, tampaknya planet tersebut tidak begitu buruk dalam konteks ini.

Planet tersebut dinamakan Wolf 1061c, planet yang baru ditemukan itu terletak di konstelasi Ophiucus, dan sejauh yang kita ketahui, bintangnya merupakan bintang terdekat ke-35 dari Bumi.

Tim di balik penemuan ini mengatakan bahwa planet tersebut mengorbit bintang Katai Merah tipe-M yang disebut Wolf 1061, bersama dua planet lainnya. Ketiganya diduga berbatu seperti Mars, ketimbang bergas seperti Neptunus.

“Ini adalah penemukan yang sangat menarik karena semua planet yang massanya cukup rendah itu menjadi berpotensi berbatu dan memiliki permukaan padat,” kata pemimpin peneliti Duncan Wright, seorang astronom di University of New South Wales (UNSW), seperti yang dilansir liputan6.

“Planet Wolf 1061c, ada di zona Goldilocks, di mana terdapat kemungkinan untuk air likuid dan bahkan mungkin kehidupan, ” lanjut Wright.

(liputan6)

Share