oleh

Mobil Otonomos Google, Siap Berbaur di Jalan

-Otomotif-15 views

California, Salisma.com – Google sempat dikabarkan gagal setelah menguji salah satu mobil tes otonomos, Lexus RX450h, beberapa waktu lalu. Kini, raksasa perusahaan teknologi informasi itu segera membuka lembaran baru, dengan mencoba melakukan pengujian mobil yang bisa bergerak otomatis itu langsung di jalan umum.

Konsep otonomos yang disiapkan untuk tes bukan RX450h, melainkan mobil imut berkapasitas dua penumpang. Mobil ini digerakan motor listrik, serta dibekali perangkat lunak (software) dan sensor yang sama seperti RX450h. Sempat ada keraguan, namun Google lebih percaya diri karena pengujian software sudah dilakukan sebelumnya, mencapai ribuan kilometer.

“Jadi prototipe yang baru, memiliki banyak pengalaman untuk dicatat sebagai fakta, Ini hampir setara dengan 75 tahun pengalaman mengemudi tipikal warga Amerika Serikat.,” tulis Chris Urmson, pemimpin proyek Google Self-Driving dalam blog, seperti diberitakan Leftlanenews, Jumat (15/5/2015).

Untuk meningkatkan keamanan, dalam pengujian di jalan umum California, kecepatan mobil akan dibatasi maksimal 40 kpj. Kabin tetap diisi oleh pengawas agar bisa mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Menariknya, menurut peraturan yang berlaku di California mewajibkan semua mobil yang dipasarkan wajib dilengkapi sistem kemudi, pedal gas, dan pedal rem. Tapi, mobil otonomos Google membuat semua perlengkapan itu tidak permanen.

“Kami menanti untuk belajar bagaimana warga memandang dan berinteraksi dengan mobil ini, sekaligus membuka rintangan unik buat mobil (dengan teknologi) dapat bergerak sendiri,” ucap Urmson.(kompas)