oleh

Gempa Maluku, 1 Orang Meninggal Dunia dan Ratusan Bangunan Rusak

-News-5 views

Salisma.com – Telah terjadi gempa bumi berkekuatan5.4 skala Richer di DesaMasawoy dan Desa Ulima,Kecamatan Ambalau,Kabupaten Buru Selatan ,Maluku.akibatnya1 orang meninggal dunia.selain itu,19 orang luka ringan,dan 3 luka berat.

gempa“Terbatasnya aksesibilitas, gelombang laut dan cuaca buruk menuju pulau di daerah terdampak di Kabupaten Buru Selatan menyebabkan kendala penanganan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selain korban jiwa, gempa juga mengakibatkan 68 unit rumah rusak berat, 118 unit rumah rusak sedang dan 53 unit rumah rusak ringan,         serta 1 unit masjid rusak berat.

BPBD Kabupaten Buru Selatan masih melakukan pendataan, evakuasi dan memberikan bantuan.

Gempa terasa kuat sekitar 2 detik di Kabupaten Buru Selatan, sementara di Kabupaten Buru gempa terasa lemah. Kebutuhan mendesak, obat-obatan, bahan bangunan dan makanan siap saji.

Gempa 5,4 SR mengguncang Maluku pada 17 Januari 2016 pukul 06.22 WIB, dengan episentrum 66 km Tenggara Buru Selatan, Provinsi Maluku pada kedalaman 10 km. Gempa terasa kuat sekitar 2 detik di Kabupaten Buru Selatan hingga Kabupaten Buru. (liputan6)