oleh

Obama Sambut Langsung Para Pemimpin Negara ASEAN

Salisma.com, California – Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyambut satu per satu kepala negara ASEAN yang hadir dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) US-ASEAN di Sunnylands, California, AS pada Senin sekitar pukul 15.20 waktu setempat.

Setiap kepala negara yang turun dari mobil disalami oleh Obama untuk kemudian berfoto, dan mengajak masuk ke ruang holding.

Selasa (16/2/2016), pada urutan pertama Sekretaris Jenderal ASEAN hadir, bendera ASEAN pun dikibarkan berdampingan dengan bendera AS oleh 2 tentara AS. Kemudian Obama menyambut Sekjen ASEAN Le Luong Minh.

Selanjutnya Wakil Presiden Myanmar yang mewakili Presiden Myanmar Thein Sein, yang baru hadir juga diperlakukan serupa oleh Presiden Obama. Bendera Myanmar dikibarkan oleh tentara AS diapit oleh bendera AS dan bendera ASEAN.

Berturut-turut kemudian Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

bil adalah ‘Promoting an Innovative, Entrepreneurial ASEAN Economic Community’. Pertemuan bertempat di Interactive Gallery Sunnylands Center and Gardens.

Obama memberikan sambutan, yang dilanjutkan sambutan oleh Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos sebagai Chair of ASEAN.

Obama selanjutnya mengundang para kepala negara/pemerintahan ASEAN untuk menyampaikan intervensinya masing-masing.

Sementara Jokowi memberikan pidatonya pada sesi 1 segmen 1 dengan tema ‘Promoting an Innovative, Entrepreneurial ASEAN Economic Community’. Kemudian penutup dilakukan Presiden Laos, dan pidato penutup oleh Obama. (liputan6)