oleh

Tahun Ini Pemkab Rohil Fokus Kembangkan Bidang Pariwisata

-Rohil-10 views
Salisma.com – Tahun ini Pemkab Rokan Hilir (Rohil), Riau, akan mencari penghasilan baru bagi daerah yakni dengan meningkatkan sumber Pendapat Asli Daerah (PAD) dari setiap SKPD dan akan fokus pada pengembangan objek wisata yang dimiliki.
Sebab setiap tahun pendapatan perimbangan Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak Bumi dan Gas (Migas), membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil tidak berharap banyak pada hasil itu, kendati Rohil sebagai salah satu kabupaten penghasil minyak bumi terbanyak.
“Kita tidak bisa berharap lagi terhadap dana perimbangan ini. Kita akan mengembangkan objek wisata, sebagai salah satu langkah untuk memperbanyak penerimaan keuangan daerah kita,” terang Plt Sekda Rohil, Surya Arfan.
Lanjut Surya, tahun ini Pemkab akan mencoba membuka jalur transportasi ke Pulau Jemur. Apalagi, keindahan Pulau Jemur tidak kalah menarik dengan objek wisata yang ada di daerah lain.
Hanya saja, yang menjadi kendala selama ini bagi para wisatawan yang hendak ke sana,  karena tidak adanya jalur transportasi. Untuk itu, mulai tahun ini Pemkab akan mempersiapkan transportasinya dengan menyiapkan feri penyeberangan yang bermuatan 100 orang.
Untuk tahap awal, feri ini akan diaktifkan setiap ahir pekan mulai hari Jumat sampai Minggu.  Namun itu semua tergantung APBD Rohil, jika bisa dibagi maka secepatnya akan diadakan pembuatannya yang bekerjasama dengan pihak ketiga.
“Objek wisata kita kan banyak, ada bakar tongkang dan Cap Go Meh. Jadi setiap wisatawan yang datang ke sini tidak hanya melihat itu saja, tapi mereka bisa sekalian jalan-jalan ke Pulau Jemur,” paparnya.
Selain itu, Pemkab Rohil juga akan mengangtifkan Pasar Sentral yang ada di bundaran Jembatan Pedamaran. Pasar Sentral ini nantinya akan  dijadikan sebagai pusat oleh-oleh Kabupaten Rohil. (Yn)