oleh

Ratusan Warga Dumai Gelar Salat Istiska

-News-8 views

Salisma.com – Ratusan warga Kota Dumai, Riau, mengikuti salat istiska (salat minta hujan) memohon turun hujan kepada Allah SWT di Masjid Habiburrahman. Salat Istiska ini bertujuan memohon diturunkan rahmat hujan dari Allah SWT agar Dumai tidak diselimuti kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan.

“Cuaca Dumai mulai terik belakangan ini karena jarang diguyur hujan, karena itu pemerintah menggelar salat Istiska berjamaah agar mendapat nikmat dari Allah SWT dengan diturunkan hujan,” kata Sekda Kota Dumai Said Mustafa.

Salat istiska tersebut tidak hanya diikuti warga, pegawai pemerintah Kota Dumai dan aparat TNI-Polri pun ikut melaksanakan salat istiska.

Berdasarkan prakiraan BMKG, sambung Said, Kota Dumai bakal dilanda musim kemarau El Nino dimulai Februari hingga beberapa bulan kedepan, sehingga diadakan salat Istiska untuk mengantisipasi kebakaran lahan.

Diharapkan dengan pelaksanaan ibadah salat Istiska meminta hujan ini, suasana iklim Kota Dumai bisa menjadi lebih sejuk dan lahan gambut tetap basah sehingga lahan tidak terbakar.

“Pemerintah daerah juga sudah menyiapkan anggaran penanggulangan dan pencegahan karlahut sebesar Rp 1 miliar, ditambah dana taktis ketika ada kejadian bencana,” paparnya.

Said menambahkan, memasuki musim kemarau ini telah disiagakan personel pemadam kebakaran lahan dari berbagai instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polisi Kehutanan, Manggala Agni dan bantuan personel TNI Polri.

Lanjut Said mengimbau masyarakat untuk peduli karlahut dan menjaga lahan kering dengan tidak melakukan kegiatan pembakaran yang dapat merugikan kesehatan dan kualitas lingkungan. (merdeka)