Gempa 7,8 SR Guncang Mentawai

Salisma.com – Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter yang mengguncang Kepulauan Mentawai dan Sumatera Barat dirasakan getarannya hingga Selangor, Johor, dan Kelantan, Malaysia. Namun tidak ada ancaman tsunami dikeluarkan otoritas pemerintah Malaysia terkait gempa tersebut.

Menurut Jabatan Meteorologi Malaysia, gempa bumi itu berpusat sekitar 649 kilometer arah barat daya Siberut, Mentawai, Sumatera Barat, sekitar 1.163 kilometer arah barat daya Port Dickson, Negeri Sembilan pada pukul 20.49 waktu setempat.

Wakil Ketua Operasi Penyelamat Bomba (pemadam kebakaran) Selangor, Mohd Sani Harul menyampaikan bahwa ada tiga lokasi di Selangor yang merasakan getaran gempa yaitu Petaling Jaya, Shah Alam dan Kajang.

“Kami menerima panggilan darurat antara pukul 20.54 malam hingga 21.16 waktu Malaysia,” demikian dilaporkan harian Kosmo, Kamis (3/3).

Selanjutnya di Kota Bharu, Kelantan, lebih 300 penghuni Kondominium Pelangi Mall merasakan getaran gempa tersebut dan mereka bergegas meninggalkan kediamannya yang memiliki 23 lantai tersebut. Namun demikian, getaran gempa di Sumbar yang terasa sampai Malaysia tidak menimbulkan korban ataupun kerusakan.

Sementara itu, Pengarah Pendidikan Malaysia di Jakarta, Dr Juzhar Jusoh menyatakan seluruh 314 pelajar Malaysia di Aceh dan 78 pelajar di Padang telah diarahkan supaya berpindah ke tempat selamat.(merdeka)