oleh

Israel Ukir Sejarah Lantik Pejabat Polisi Muslim

-Dunia-7 views

Salisma.com – Israel menorehkan sejarah dengan melantik Deputi Komisioner polisi beragama Islam pertama sepanjang sejarah. Sosok polisi muslim itu bernama Jamal Hakroush. Langkah ini diambil oleh Menteri Keamanan Internal Gilad Erdan demi membangun sebuah adminsitrasi eksekutif yang menangani penegakan hukum dengan sektor Arab dan untuk memperkuat hubungan antar polisi Arab dan polisi Israel.

Hakroush yang berasal dari kota Kafr Kanna ini dilantik kemarin. Upacara pelantikannya dan dihadiri langsung oleh Komisioner Polisi Roni Alsheich. Salah satu tanggung jawab utama polisi muslim ini adalah menghentikan peredaran senjata ilegal yang jatuh ke tangan komunitas Arab.

“Hakroush akan berkerja bersama dengan Polisi Israel untuk melumpuhkan senjata ilegal di komunitas Arab,” katanya Alsheich.

Warga berdarah Arab adalah komunitas terbesar ke-5 di Israe. Penduduk Arab sering mengeluh karena di sekitar tempat tinggal mereka rata-rata polisi bersikap tidak ramah, serta minim pelayanan publik.

Harkroush akan mengawasi ketertiban di komunitas Arab, dimana terjadi ketidaksepahaman yang telah berjalan lama antar polisi disana.

Lebih jauh, keluhan mereka ini telah diketahui oleh Badan Pemantau HAM yang beberapa tahun belakangan membeberkan beberapa laporan yang menggaris bawahi diskriminasi penduduk berwajah Arab oleh polisi setempat.(merdeka)