oleh

Pemkab Segera Tata Pulau Tilan

-News, Rohil-16 views

Salisma.com, RokanHilir – Suara mesin motor cross saling menyalak menjelang tengah hari di Pulau Tilan, Kecamatan Tanahputih, Kabupaten Rohil. Bentangan Sungai Rokan yang memisahkan Pulau Tilan dengan di seberangnya dipenuhi oleh kegiatan lomba pacu sampan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda dan masyarakat ini untuk mengoptimalkan potensi Pulau Tilan sebagai desa wisata yang berada di Kepenghuluan Rantau Bais.

‘’Pemkab Rohil segera tata Pulau Tilan sebagai lokasi wisata ini,’’ kata Bupati Rohil H Suyatno.

Seiring dengan itu, Suyatno yang sempat membuka balap motor cross dan dayung sampan di Pulau Tilan sangat menyambut baik dan kagum dengan peran serta masyarakat.

Dimana, mengangkat potensi Pulau Tilan sebagai lokasi wisata justru dilakukan oleh masyarakat. ‘’Melihat kegiatan seperti ini, Pemkab seperti sedang berutang kepada Pulau Tilan itu,’’ kata Suyatno.

Malahan, ayah dari tiga orang anak ini menambahkan, Pulau Tilan sudah banyak dikenal oleh masyarakat di luar Kabupaten Rohil.

Salah satunya bagi masyarakat yang ada di Dumai, ‘’Saya kemarin di Dumai. Ceritanya Pulau Tilan itu bagus sekali untuk dikembangkan. Sementara kita belum berbuat. Di sinilah kesalahan kita,’’ kata Suyatno.

Seiring dengan itu, bupati mengintruksikan kepada semua instansi terkait untuk menata potensi Pulau Tilan itu. ‘’Saya minta semuanya harus memperhatikan Pulau Tilan ini.

Pulau ini harus ditata biar bagus dan perlu dibangun jembatan layang atau gantung,’’ kata Suyatno. Semua kajian untuk pengembangan potensi Pulau Tilan, lanjut Suyatno, sudah harus terkonsep dan segera diajukan di tahun anggaran 2017.

‘’Pak Sekda,  tolong ini dikoordinir.  Sehingga potensi wisata di Pulau Tilan dapat lebih dioptimalkan,’’ tegas bupati. Dalam kesempatan itu, ia mengajak masyarakat untuk dapat menjaga dan merawat Pulau Tilan sebagai aset lokasi objek wisata.

Sehingga, lokasi wisata tersebut dapat terus utuh dan dapat dioptimalkan secara berkesinambungan.(Yn)