oleh

10 Cara Meluruskan Rambut

Salisma.com – Penampilan merupakan hal yang penting bagi sebagian orang. Tidak heran jika beberapa orang memberikan perhatian khusus mulai dari pemilihan pakaian hingga gaya rambut. Salah satu model rambut yang dapat membuat gaya makin stylish adalah model rambut lurus. Nah, berikut tips untuk meluruskan rambut menggunakan bahan alami yang aman dan mudah.

1. Santan dan Jus Lemon

Salah satu ramuan alami yang dapat meluruskan rambut adalah campuran dari santan kelapa dan jus lemon. Kandungan vitamin dan antioksidan pada air lemon akan menutrsisi rmabut dan kulit kepala secara optimal. Sedangkan campurna santan kelapa juga akan memberi nutrisi secara optimal sekaligus melembapkan sel kulit kepala dan rambut. Perpaduan keduanya juga dikenal ampuh sebagai kombinasi yang mampu membantu meluruskan rambut.

2. Susu dan Madu

Susu dan madu merupakan dua bahan yang biasa digunakan untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Bahkan, keduanya juga dapat dipakai sebagai bahan alami untuk meluruskan rambut. Susu mengandung protein yang berfungsi dalam proses menjaga keindahan dan kekuatan rambut. Sedangkan madu akan melindungi rambut dan kulit kepala dari bakteri atau pun kotoran yang menyebabkan masalah pada rambut. Perpaduan nutrisi pada kedua bahan tersebut juga dapat membantu menjadikan rambut lurus sekaligus lebat.

3. Telur dan Minyak Zaitun

Bagi yang bosan menggunakan flating iron bisa membubuhkan masker alami berikut. Salah satu cara untuk mendapatkan rambut lurus dengan sentuhan natural adalah dengan mencampurkan telur dan minyak zaitun, kedua bahan tersebut akan menutrisi sekaligus menjadikan tekstur rambut tetap halus. Helai rambut pun tidak akan kusut atau pun menajdi keriting.

4. Minyak Kastor

Minyak esensial satu ini merupakan bahan yang biasa digunakan untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Nah, bagi yang ingin mendapatkan rambut lurus, sebaiknya hindari penggunaan flatting iron. Alat tersebut justru akan menyiksa batang rambut. Alternatifnya adalah dengan meminta hair stylist langgananmu untuk memijat kepala menggunakan minyak kastor.

5. Masker Telur dan Tepung Beras

Tepung beras merupakan bahan yang dapat menghaluskan kulit. Namun, siapa yang akan menyangka jika tepung beras juga dapat membantumu dalam meluruskan rambut. Agar hasilnya lebih optimal dan rambut tetap sehat, campurkan dengan telur ayam. Kandungan protein dan biotin pada telur akan melembapkan rambut dan kulit kepala secara optimal.

6. Masker Pisang

Buah yang mengandung iron dan zinc ini juga dapat membantumu untuk meluruskan rambut. Tidak hanya menyantapnya, buah pisang juga dapat dijadikan masker rambut yang akan menutrisi kulit kepala dan rambut. Agar kandugan di dalam buah pisang dapat bekerja secara optimal, kombinasikan dengan bahan lain seperti minyak zaitun, yoghurt atau pun madu.

7. Gel Lidah Buaya

Gel dari lidah buaya ini kerap dugunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Tidak hanya mampu menecegah rambut rontok atau pun ketombe, lidah buaya juga dapat membantumu dalam meluruskan rambut secara alami. Mengoleskan gel lidah buaya segar atau produk perawatan rambut dengan tambahan lidah buaya dapat dijadikan referensi untuk meluruskan rambut.

8. Milk Spray

Punya jenis kulit kepala yang kering tapi ingin mendapatkan rambut lurus? Siasati saja denga menggunakan susu. Jenis dairy product ini akan melembapkan sekaligus menutrisi kulit kepala dan rambut. Langkah tersebut juga dapat membantu dalam meluruskan rambut secara alami. Agar mudah dibawa kemana-mana, tempatkan susu segar pada spray bottle. Namun, gantilah susu secara berkala agar nutrisi di dalamnya tidak rusak.

9. Cuka Dapur

Kandungan asam di dalam cuka dapur juga dapat dimanfaatkan untuk meluruskan rambut secara alami. Membilas rambut menggunakna air yang dicampur cuka bisa menjadi salah satu alternatif untuk menajdikan rambut lebih lurus. Namun, agar hasilnya lebih optimal, jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan mengaplikasikan smapo khusus rambut lurus.

10. Campuran Pisang Pepaya

Kehabisan masker rambut favorit padahal ingin mendapatkan rambut lurus dalam waktu singkat? Tenang, tidak usah khawatir. Beberapa potong buah pisang dan papaya dapat menjadi penggantinya. Kedua jenis buah satu ini dikenal mampu merawat kesehatan kulit karena kandungan nutrisi di dalamnya. Mengaplikasikannya secara rutin juga membantu dalam meluruskan rambut secara alami.

Setelah mendapatkan rambut lurus seperti yang diinginkan, jangan lupa lakukan perawatan rambut secara berkala agar rambut senantiasa sehat dan indah.(vemale)