oleh

Siak Terima Sertifikat Eliminasi, Menkes Serahkan Langsung ke Syamsuar

-News-6 views
Salisma.com, Siak РBupati Siak Syamsuar kembali menerima anugerah sertifikat eliminasi malaria oleh Menteri Kesehatan  Nila F Moeloek karena dinilai mampu membebaskan negeri istana dari penyakit malaria.
Penyerahan sertifikat juga dilakukan Menkes kepada sejumlah kepala daerah pada saat peringatan Hari Malaria Sedunia di Lapangan Bukit Peninjauan II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.
Bupati Syamsuar mengaku senang dan bangga, karena prestasi yang diterima ini adalah bentuk kepedulian masyarakat Siak dalam mengantisipasi penyakit malaria.
“Alhamddulilah, sertifikat ini milik masyarakat yang begitu peduli dengan kesehatan lingkungan, sehingga Kabupaten Siak bebas dari penyakit malaria,” kata Syamsuar.
Kepala Dinas Kesehatan Siak Toni Chandra menambahkan, eliminasi malaria merupakan program pemerintah pusat, dimana Indonesia bebas malaria tahun 2020 mendatang.
Selama ini, lanjut Toni, Kabupaten Siak selalu rutin melakukan pendataan terhadap warga yang menderita penyakit malaria.
“Apabila ditemukan warga yang positif terjangkit penyakit malaria, langsung kita obati sampai sembuh. Semua obat dan laboratorium sudah kita siapkan di Puskesmas yang ada di Siak,” ujarnya sambil menambahkan Siak memang bebas dari penyakit malaria.(adv)