oleh

Makanan Cepat Saji yang Perlu Dihindari

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU  РMakanan junk food tidak saja seperti makanan cepat saji. Bahkan, makanan produksi lokal pun bisa disebut makanan cepat saji atau junk food. Nah, berikut beberapa tips makanan cepat saji yang patut kita hindari, dari seorang Ahli Gizi, Reni.

Pertama,  mie instan. Seperti yang kita ketahui, banyak mengonsumsi mie instan sangat tidak baik bagi kesehatan. Karena bahan yang terkandung dalam mie instan tersebut terdapat bahan pengawet.

Kadar garam di dalam mie instan tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti ginjal dan juga dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, mie instan juga mengandung trans lipid yang dapat menyebabkan gangguan di pembuluh darah jantung.

Kedua, gorengan. Makanan ini sering sekali kita temui dan sangat mudah sekali didapat. Gorengan memiliki kadar kalori dan lemak yang terdapat di minyak gorengan tersebut cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan dan kerap terjadi sakit jantung. Yang parahnya lagi, bila sering terjadi proses pembuatannya tidak menggunakan bahan atau alat yang higenis.

Ketiga, makanan kaleng. Kalau sudah makanan yang terdapat di kaleng, pastinya mengandung bahan pengawet, sangat tidak sehat dan tidak baik bagi kesehatan.

Keempat, keju olahan. Banyak yang memproduksi keju ini dari berbagai merek. Terlalu sering mengonsumsi keju olahan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan meningkatkan kadar gula darah.

Kelima, daging yang diproses. Maksudnya seperti sosis, nugget. Itu merupakan makanan daging yang telah diproses. Biasanya mengandung bahan pewarna dan pengawet. Kerap menganggu fungsi hati, dan penyakit lainnya.

Itulah beberapa contoh dari makanan junk food. Masih banyak lagi makanan yang tergolong junk food. Semoga bermanfaat dan dapat kita hindari demi menjaga kesehatan dan kebaikan bagi tubuh.