oleh

Meriahkan FSS, Asita Sediakan 50 Perahu Nelayan

-Travel-9 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata Indonesia (ASITA) Riau melibatkan 50 unit perahu nelayan tradisional dalam Festival Sungai Siak (FSS) di Kampung Bandar, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada 2- 4 Juni 2016.

“Sejauh ini jumlah perahu tradisional disiapkan 100 unit, tapi yang bakal dioperasikan 50 unit. Cuma kita masih terus lakukan koordinasi terkait jumlah yang terpakai,” kata Ketua ASITA Riau, Dede Firmansyah yang dilansir dari Antara Riau.

Dia berujar, puluhan perahu tradisional tersebut mulai beroperasi pada sore hari atau sekitar pukul 16.00 Wib hingga jam 18.00 Wib selama pelaksanaan iven festival atau tiga hari berturut-turut.

Rute perjalanan sekitar dua jam itu berada di Sungai Siak atau tepatnya disekitar Jembatan Siak I atau dikenal dengan Jembatan Leighton dan Jembatan Siak III atau Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah.

Sedangkan bagi calon peserta festival atau para penumpang perahu belum pandai berenang, lanjutnya, maka akan menumpangi kapal cepat atau Bus Air Senapelan berkapasitas 50 orang penumpang yang merupakan bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan tahun 2014.

“Jadi kita ingin berdayakan masyarakat setempat. Istilahnya dapat rezeki dari festival ini, tetapi tidak ditargetkan. Dari segi waktu, mereka naik perahu atau bus air tidak terlalu jauh. Cuma dekat-dekat situ aja,” ucap Dede.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT sebelumnya menyambut positif dengan memberi dukungan penuh terhadap even perdana tersebut, sebagai pertanda awal kebangkitan pariwisata di Sungai Siak.

Festival Sungai Siak akan dirancang selama tiga hari yang dilaksanakan sampai akhir pekan dan waktu pelaksanaan hampir bersamaan dengan petang mengang atau petang balimau dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan tahun ini.

“Mendengar pemaparan event wisata ini, saya senang sekali. Kami sangat mendukung dan memberi apresiasi penuh karena memang sudah lama menjadi impian kami. Kita telah 15 tahun lamanya menunggu konsep wisata di Sungai Siak ini,” ucap dia.