oleh

Harga Telur Ayam Hari Pertama Puasa Alami Kenaikan

-Metro-10 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Memasuki hari pertama di bulan Ramadan sejumlah harga sembako masih sama dengan sepekan yang lalu. Belum mengalami kenaikan ataupun penurunan.

Misalnya saja harga minyak goreng kemasan, 2 pekan sebelumnya mengalami kenaikan harga, namun hari ini masih sama dengan pekan lalu, yaitu diharga Rp15 ribu. Yang sebelumnya Rp13ribu.

“Masih sama harganya dengan minggu lalu. Belum ada perubahan. Kalau untuk minyak goreng curah, harganya masih Rp12 ribu perkilogramnya,” ungkap Ani selaku pedagang sembako di Pasar Sail, Senin (06/06/2016).

Selain itu, untuk komoditi kacang-kacangan, seperti kecang tanah masih bertahan diharga Rp26 ribu perkilonya. Dimana 2 pekan sebelumnya sempat diharga Rp 22 ribu perkilogramnya.

Sementara itu untuk harga beras masih bertengger diharga normal. Untuk beras merek Topi Koki Rp 10.500 perkilogramnya, Belida Rp 11.000, beras Anak Daro Rp 12.500 dan Pandan Wangi Rp 13 ribu perkilogramnya.

Sedangkan untuk harga gula pasir juga masih bertahan diharga sebelumnya, yakni Rp16 ribu perkilogramnya, setelah sebelumnya mengalami kenaikan dari harga Rp12 ribu perkilogramnya.

“Untuk sementara ini yang masih mendominasi adalah gula lokal. Biasanya kalau gula lokal sudah tidak mampu memenuhi permintaan pasar barulah disuplai melalui gula impor,” sambung Ani.

Bahan pokok lainnya, seperti telur ayam mengalami kenaikan lagi. Pekan lalu harga telur ayam Rp40 ribu per papan. Yang sebelumnya masih diharga Rp36 ribu. Dan di hari pertama puasa meroket lebih tinggi, yaitu diharga Rp45 ribu per papan.

“Harga telur naik lagi, sekarang jadi Rp45 ribu. Kalau eceran 10 buah Rp15 ribu. Satuannya Rp1.500 perbuah,” kata Dwi selaku penjual telur di pasar Sail, Pekanbaru.